Hadapi Pilkada, Anggota Satlinmas Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Dilatih Beladiri Praktis

Jumat 13-09-2024,16:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Untuk menghadapi momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, puluhan Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal dilatih beladiri praktis oleh anggota Koramil Dukuhwaru, Kodim Tegal.

Pelatihan diberikan saat kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Satlinmas Kabupaten Tegal dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kecamatan Dukuhwaru. 

“Beberapa teori dan gerakan bela diri praktis kita berikan kepada anggota Linmas ini, seperti menangkis dan melumpuhkan lawan. Ini sebagai bekal untuk menghadapi kemungkinanan gangguan kamtibmas pada Pilkada serentak yang akan digelar 27 November 2024 mendatang,” kata anggota Koramil Dukuhwaru Syaifudin.

BACA JUGA:Sabet 2 Emas, Ini Lho Putra Daerah yang Harumkan Batang di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Selain beladiri praktis, puluhan anggota satlinmas juga diberikan pelatihan baris berbaris dasar. Di antaranya sikap sempurna, penghormatan, hadap kanan hadap kiri, gerakan istirahat dan berbagai gerakan lainnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Tegal, Suspriyanti saat membuka kegiatan pelatihan menegaskan, anggota Satlinmas ini merupakan sekelompok masyarakat yang terorganisir dan terlatih untuk memelihara, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan masyarakat, termasuk dalam penyelenggaraan Pilkada. 

“Satlinmas adalah ujung tombak suksesnya Pemilihan Umum dan Pilkada," ujarnya.

BACA JUGA:Dorong Pengembangan Produk Olahan Makanan Khas Tegal

Suspri menjelaskan, ada beberapa peran penting tugas Satlinmas dalam Pilkada. Salah satunya, menjaga keamanan dan ketertiban Tempat Pemungutan Suara (TPS), mulai dari proses pemungutan suara, perhitungan suara, hingga rekapitulasi suara. 

Sementara, Camat Dukuhwaru Barik Muharman menyambut baik pelatihan kapasitas anggota Satlinmas yang digelar Pemkab Tegal melalui Satpol PP ini. 

Diharapkan, pelatihan dapat diikuti dengan baik oleh perwakilan Satlinmas Desa se Kecamatan Dukuhwaru.

“Saya berpesan, ikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. Saya yakin akan bermanfaat bagi anggota satlinmas dalam menghadapi Pilkada serentak nanti,” ucapnya.

BACA JUGA:DPUPR Batang Gunakan Teknologi Baru untuk Tambal Lubang Jalan, 15 Menit Rampung

Kegiatan pelatihan yang diikuti puluhan Satlinmas desa se Kecamatan Dukuhwaru ini dihadiri sejumlah narasumber. Di antaranya, Ketua KPU Kabupaten Tegal Himawan Tri Pratiwi, Kasat Binmas Polres Tegal AKP Bambang, Personil Kodim 0712/Tegal dan Kepala Seksi Opsdal Satpol PP Kabupaten Tegal Agus Salim. (adv)

Kategori :