Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Jumat 13-09-2024,18:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Langkah keempat untuk mengaktifkan NFC adalah dengan menggeser toogle pada menu NFC Reader yang ingin diaktifkan. Pada beberapa model atau seri iPhone, cara untuk mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol panah “+” yang terletak di sisi kiri, dan secara otomatis akan ditambahkan ke pusat kontrol iPhone kamu.

5. NFC Aktif

Langkah kelima adalah setelah muncul di pusat kontrol, NFC pada iPhone kamu akan aktif secara otomatis. Untuk menggunakannya, cukup buka menu pusat kontrol dengan menggeser layar ke atas, dan logo NFC akan muncul. Kamu dapat memilihnya untuk membaca tag atau kartu yang ingin digunakan.

Sangat mudah, bukan, untuk mengaktifkan NFC di iPhone? Kamu dapat mengaktifkan NFC ini dengan lebih praktis dan memanfaatkannya untuk transaksi pembayaran serta pemindaian berbagai kartu.

Cara Kerja NFC

Cara kerja NFC cukup mudah dipahami. Teknologi ini memanfaatkan daya elektromagnetik yang menghasilkan gelombang radio dengan frekuensi rendah.

Untuk melakukan transfer data melalui NFC, setiap perangkat harus dilengkapi dengan chip yang berfungsi untuk mengaktifkan koneksi. Dengan jarak yang hanya beberapa sentimeter, dua perangkat yang memiliki chip dapat saling terhubung.

Sebagai ilustrasi, kita dapat mengisi saldo kartu non-tunai menggunakan iPhone. Hal ini dimungkinkan karena kedua perangkat tersebut dilengkapi dengan chip NFC yang memungkinkan transfer data antar keduanya.

BACA JUGA:4 Hp Terbaik untuk Konten Kreator

Itulah beberapa cara mengaktifkan NFC di iPhone dengan mudah. Berbagai fungsi yang disediakan oleh NFC terbukti sangat mendukung berbagai kegiatan sehari-hari penggunanya. Keunggulan-keunggulan ini menjadikan NFC sebagai salah satu fitur yang wajib ada pada ponsel modern. Semoga bermanfaat.

Kategori :