Risiko Gagal Bayar Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya

Jumat 13-09-2024,14:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

5. Menyusun surat perjanjian dengan pinjaman online ilegal

Anda dapat membuat dokumen yang berfungsi sebagai perjanjian atau pakta yang menyatakan komitmen Anda untuk melunasi utang dalam jangka waktu tertentu. Alternatif lainnya adalah mengajukan solusi kepada pinjaman online ilegal yang dapat memberikan keringanan terhadap utang Anda.

6. Hindari praktik gali lubang tutup lubang

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tidak bisa membayar pinjaman online ilegal adalah dengan tidak terjebak dalam siklus berutang untuk menutupi utang yang ada. Sebaiknya, carilah solusi lain yang lebih aman dan efektif daripada menambah masalah dengan utang baru.

7. Melaporkan kepada pihak berwenang  

Jika Anda mengalami teror yang mengganggu, bahkan mengancam keselamatan, segera laporkan kepada pihak berwajib atau kepolisian. Anda berhak untuk melaporkan pinjol ilegal karena mereka beroperasi di luar hukum, dan tindakan penagihan yang mengancam jiwa adalah pelanggaran hukum.

BACA JUGA:Cara Menghindari 4 Dampak Buruk Pinjol Ilegal

Itulah risiko gagal bayar pinjol illegal dan cara mengatasinya. Pilihlah pinjaman online yang sudah resmi dan terdaftar di OJK agar keamanannya terjaga dan gunakan solusi keuangan secara bijak agar terhindar dari galbay. Semoga bermanfaat.

Kategori :