Tingkatkan Produksi Tembakau, Dinpertan Gelar FFD Demplot

Kamis 12-09-2024,15:15 WIB
Reporter : Nungki S Nurhidayanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, DEMAK -  Dinas Pertanian dan Pangan (Dinpertan) Demak menyelenggarakan Farm Field Day (FFD) Demplot Tanaman Tembakau di Poktan Sido Luhur, Desa Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Kamis 12 September 2024.

Kepala Dinpertan, Agus Herawan, menyampaikan bahwa FFD Demplot Tembakau dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi antara petani tembakau dengan pemerintah serta meningkatkan potensi - potensi poktan tembakau hingga meningkatkan kesejahteraan petani.

BACA JUGA:Dinas Perkim Bersiap Launching Penyertifikatan Aset Pemkab Tegal

"Tujuan FFD selain sarana komunikasi, juga untuk  meningkatkan manajemen dan jalinan kelembagaan kelompok tani tembakau,  meningkatkan kualitas bahan baku serta terkendalinya hama penyakit tembakau serta  meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Kadinpertan.

Sementara itu, Bupati Demak, dr. Eisti'anah menyampaikan bahwa FFD selain bertujuan memberi penyuluhan tentang bertani tembakau juga menampung saran dan pertanyaan dari para petani selaku perkerja di lapangan, sehingga dapat menjadi titik tengah jika ada masalah di lapangan seputar bertani tembakau. 

BACA JUGA:Saat Tinjau MBG di Salatiga, Wiranto Curhat Gagal Jadi Presiden Karena Kurang Gizi

“Kegiatan Farm Field Day (FFD) Demplot Tembakau ini diharapkan dapat menggali potensi, masalah, dan hambatan yang ditemui oleh para petani tembakau dalam melaksanakan kegiatan usaha tani dilapangan,”ucap Bupati.

Dalam FFD juga dilakukan penyerahan bantuan Dana Bagi Hasil Cukai Hasi Tembakau (DBHCHT) oleh Bupati Demak kepada 4 kelompok tani terpilih.

 

Kategori :