Tinjau Uji Coba Makan Bergizi Gratis, Wiranto Datangi SMPN 2 Salatiga

Kamis 12-09-2024,12:55 WIB
Reporter : Nena Rna Basri
Editor : Zuhlifar Arrisandy

SALATIGA, jateng.disway.id - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto meninjau langsung uji coba makan bergizi gratis (MBG) di berbagai tempat di Salatiga, Jawa Tengah, Kamis 12 September 2024. Salah satunya di SMPN 2 Salatiga.

Kedatangan Wiranto disambut Pj Wali Kota Salatiga, Yasip Khasani. Dia mengungkapkan kebanggaannya, bahwa Salatiga ditunjuk sebagai palektor project pelaksanaan MBG, yang menjadi program unggulan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Raka Bumi Raka.

Yasip menyebutkan usai pelaksanaan uji coba MBG di Salatiga, tidak begitu lama akan bisa dimetakan pelaksanaannya di Jawa Tengah. Khusus di Salatiga, papar dia, Pemkot Salatiga melibatkan 129 sekolah dalam kegiatan uji coba ini.

"Dengan total seluruh pesertanya 31.412 siswa. Untuk anggarannya satu porsi makan siang bagi kelompok SD, kami menganggarkan Rp15 ribu dan SMP Rp16 per anak atau per porsi," kta Yasip.

Menu makan bergizi gratis

Ada pun untuk menu sehat gizi yang disajikan pun berimbang. Terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral serta ditambah susu.

Uji coba ini akan dilakukan secara bertahap selama 10 hari mulai, Kamis 12 September 2024 hari ini. Pelaksanaan uji coba dilaksanakan di 9 sekolah, yakni 4 tingkat SD dan 5 tingkat SMP.  

"Program ini akan berjalan efektif pada tahun 2025. Dengan uji coba ini, diharapkan tahun 2025 program ini akan berjalan dengan lancar," tegas Yasip.

Sementara itu, saat melihat langsung uji coba pemberian makan bergizi gratis, Wiranto  disambut tarian topeng ireng dengan iringan musik drumblek di pelataran SMPN 2 Salatiga. Ada pun, tarian topeng ireng merupakan seni tarian rakyat yang berkembang di daerah gunung merapi dan merbabu. Gambaran dari tarian rakyat ini merupakan tradisi kehidupan masyarakat yang sangat akrab dengan alam. Sebagai informasi, terdapat paguyuban kesenian topeng ireng di Boyolali. Paguyuban terbesar yang paling besar dan terkenal adalah paguyuban Tarubatang berada di daerah Tarubatang kecamatan Selo. Sementara, di tengah acara, Wiranto disuguhi jingle makan bergizi gratis (MBG) binaan Kepala Sekolah SMPN 8 Salatiga, Yohana Natallina Sari. Dengan koreografi Guru SMP Negeri 9, Dwi Farida Oktorini.

Kategori :