Angka Kemiskinan Kabupaten Pemalang Turun

Kamis 12-09-2024,10:00 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang menggelar  rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di pendapa. Kepala Bappeda Kabupaten Pemalang Mohamad Sidik mengatakan, tujuan rakor yaitu membangun komitmen dalam penanggulangan kemiskinan. Meningkatkan sinergitas sesuai dengan arah kebijakan dan rencana penanggulangan kemiskinan, serta meningkatkan sinergitas dalam melaksanakan strategi penanggulangan kemiskinan.

"Pertimbangkan berbagai faktor penyebab dan pendukungnya, carilah solusi tepat dan laporkan progres implementasinya. Serta lakukan evaluasi guna meningkatkan efektifitasnya,” tandasnya.

BACA JUGA:Calon Kepala Daerah dari PKB Diminta Jalankan Pesan Gus Dur

Sebelumnya, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, tingginya angka kemiskinan masih menjadi isu strategis pembangunan baik di tingkat pusat, provinsi bahkan sampai ke tingkat kabupaten.

Dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pemalang, kata Bupati, selama 4 tahun terakhir (2021-2024) persentase angka kemiskinan di Pemalang terus menurun dengan rincian di tahun 2021 berada pada 16,56 %, tahun 2022 berada pada 15,06 &, tahun 2023 ada pada 15,03 % dan di tahun 2024 berada pada kisaran 14,92 %.

BACA JUGA:Remaja Kabupaten Pemalang Antusias Ikuti Pemilihan Duta Wisata

“Melihat progres penurunan kemiskinan tersebut, tentunya patut bersyukur namun bukan berarti tugas telah selesai,” jelasnya.

Menurut Bupati, bahwa gambaran persentase kemiskinan daerah yang tadi disampaikan hanyalah indikasi bahwa upaya pihaknya memberikan progres yang baik dalam menekan angka kemiskinan. 

Kategori :