7 Tips Melunasi Utang Pinjol Tepat Waktu

Kamis 12-09-2024,11:15 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu dapat terhindar dari bunga, denda, dan penagihan DC pinjol. Jadi pastikan mengikuti beberapa cara efektif ini dengan baik supaya utang dapat cepat terlunasi. 

Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu dibutuhkan tekad yang kuat supaya selalu disiplin dan konsisten. Pengorbanan yang dilakukan tersebut demi melindungi data pribadi yang bisa disebar dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu dapat kalian terapkan supaya nasabah bisa bebas dari berbagai risiko yang merugikan. Pasalnya saat ini banyak kasus yang merugikan nasabah yang disebabkan oleh utang piutang. 

Lantas, bagaimana tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu? Berikut ini ada beberapa langkah efektif yang dapat kalian coba dan terapkan agar terhindar dari berbagai risiko. 

BACA JUGA:Terjerat Utang Pinjol tapi Tidak Bisa Bayar? Ini Penjelasannya

Tips Melunasi Utang Pinjol dengan Tepat Waktu 

1. Hindari Metode Gali Lubang Tutup Lubang

Metode ini hanya akan membuat pinjaman semakin menumpuk dan tak ada habisnya. Kalian harus kembali memikirkan mengenai pelunasan pinjaman di lembaga keuangan berikutnya. Belum lagi jika mereka memiliki suku bunga yang lebih tinggi atau tenor pembayaran yang singkat. 

2. Menjual Barang-Barang

Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu berikutnya yaitu menjual beberapa barang berharga atau barang-barang fashion yang menumpuk di lemari sebagai langkah awal jika tidak lagi memiliki anggaran khusus untuk melunasi pinjaman. Langkah ini dapat jadi opsi dan cukup baik dilakukan sebab kalian bisa memperoleh dana yang dapat digunakan untuk melunasi pinjol tepat waktu.

BACA JUGA:10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat

3. Memprioritaskan Pembayaran Pinjaman

Melunasi pinjol yang kalian miliki harus menjadi prioritas keuanganmu. Apalagi jika sudah dekat dengan tenggat waktu. Kesampingkan anggaran dana untuk beberapa pos anggaran yang bisa ditunda, misalnya traveling, self-reward, atau lifestyle. Lalu, jika kalian memiliki beberapa utang pinjaman sekaligus yang harus dilunasi, maka kalian bisa memprioritaskan untuk melunasi utang dengan bunga paling besar dan tenor paling singkat.

4. Manfaatkan Pinjaman Bunga Rendah

Tips melunasi utang pinjol dengan tepat waktu yang dapat dilakukan yaitu dengan memilih layanan penyedia pinjaman dengan suku bunga rendah. Kalian juga bisa mengambil jangka waktu pinjaman lebih lama agar pembayaran terasa lebih ringan. 

Kategori :