Museum Ranggawarsito Terima Hibah 75 Figur Batu dari Blitar

Rabu 11-09-2024,17:45 WIB
Reporter : Wahyu Sulistiyawan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SEMARANG - Museum Jawa Tengah Ranggawarsita menerima hibah 75 figur batu yang menyerupai patung. Figur batu tersebut dihibahkan kepada museum dari salah satu kolektor bernama Ida dari Blitar, Jawa Timut.

Dengan kedatangan 75 figur batu yang memiliki jenis batu yang sama dengan ketinggian 5 hingga 15 sentimeter ini akan menambah koleksi museum setelah dilakukan iventarisasi.

BACA JUGA:Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR, Kuatkan Pancasila di Hamburg

Pamong Budaya Museum Ranggawarsita, Tri Lestari Budi Rahayu mengatakan koleksi yang tiba ini kami sebutnya figur batu yang menyerupai patung, karena kondisi batunya setikit terlihat ada bentuk kepala, badan dan kedua tangan.

"Karena batu ini agak sedikit abstrak, namun diamati ada bentuk kepala, badan dan kedua tangam, jadi kita menyebutnya figur batu atau batu yang menyerupai patung", ungkap Tri kepada wartawan Disway Jateng, Rabu (11/9/2024).

Setelah barang koleksi tersebut pihak museum Ronggowarsito langsung melakukan iventarisasi dan pendataan. Dari pendataan tersebut pihak museum tidak bisa memberikan penjelasan untuk usia batu yang menyerupai patung tersebut.

BACA JUGA:Studi Banding Unit Layanan Kemasan

"Kami belum bisa mengetahui berapa usia dan dari jaman apa batu tersebut berasal, karena kami tidak mempunyai keahlian dalam bidang geologi di museum Ronggowarsito, jelas Tri.

Dengan dibanti lima mahasiswa magang dari bebrapa universitas di Semarang, Tri menjelaskan pentingnya iventarisasi ini dilakukan sebagai data barang tersebut,   karena akan menjadi milik museum. Langkah pendataan barang koleksi ini akan diberi nomer kemudian diukur, di diskripsikan bentunya, di dokumentasikan dan ditempel nomer secara tertulis disetiap koleksi.

Kategori :