Cara Mengaktifkan Kembali Kartu SIM Hp yang Terblokir untuk Semua Operator

Rabu 11-09-2024,06:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:4 Hp Android yang Support Wireless Charging Terbaik dan Murah

Mungkin beberapa dari kamu masih bingung dan bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui jika kartu SIM diblokir. Berikut adalah beberapa tanda yang perlu diperhatikan.

1. Kartu SIM Tidak Terdeteksi

Umumnya, kartu SIM yang sudah tidak aktif tidak akan terbaca oleh ponsel. Berbeda dengan masalah sinyal yang hilang, di mana ponsel masih dapat mendeteksi operator yang digunakan.

 

Jika kamu mengalami hal ini, kemungkinan besar kartu SIM kamu mengalami kerusakan atau terblokir.

2. Sinyal Operator Hilang

Tanda bahwa kartu SIM diblokir sering kali mirip dengan masalah sinyal yang hilang, tetapi jika sudah berlangsung lama, bahkan berhari-hari, kemungkinan besar nomor pada kartu SIM kamu sudah tidak aktif.

3. Tidak Dapat Melakukan dan Menerima Panggilan

Tanda selanjutnya adalah ketidakmampuan untuk melakukan dan menerima panggilan. Berbeda dengan kartu SIM yang masih aktif tetapi tidak memiliki pulsa, nomor tersebut tetap dapat menerima panggilan masuk.

4. Tidak Dapat Menerima dan Mengirim SMS  

Apakah ponsel Anda tidak dapat menerima atau mengirim SMS? Hal ini mungkin disebabkan oleh kartu SIM yang terblokir. Biasanya, jika Anda menggunakan ponsel Android, akan muncul notifikasi yang menunjukkan bahwa pengiriman pesan gagal.

Situasi ini juga berlaku untuk panggilan telepon; jika kartu SIM Anda terblokir, maka SMS tidak akan dapat dikirim dan Anda juga tidak akan menerima pesan dari orang lain.

Namun, jika kartu SIM Anda masih aktif tetapi tidak memiliki pulsa, Anda tetap dapat menerima SMS yang masuk.

 

BACA JUGA:Cara Mematikan Safe Mode di Semua Merek Hp Android

Kategori :