DC Pinjol Datang ke Rumah? Lakukan 7 Cara Ini

Senin 09-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Apa yang harus dilakukan jika DC pinjol datang ke rumah? Bagi kalian yang sedang mengalami galbay alias gagal bayar tak peru panik, berikut ada beberapa langkah efektif yang dapat dilakukan untuk menghadapi DC pinjol. 

Biasanya, jika metode penagihan tidak berhasil dengan menagih melalui pesan dan telepon, maka pihak pinjol akan menggunakan jasa DC pinjol untuk datang ke rumah nasabah yang mengalami galbay alias gagal bayar. Untuk itu, apa yang harus dilakukan jika DC lapangan pinjol datang ke rumah? 

Berdasarkan sebuah unggahan viral di media sosial Twitter atau X, debt collector platform pinjol tersebut menagih utang dengan cara teror melalui telepon di tempat kerja hingga order fiktif Gojek/Gofood. Namun di samping itu, ada cara menagih utang yang umumnya dilakukan oleh debt collector saat panggilan melalui telepon tidak berhasil, yang membuat nasabah membayar tanggung jawabnya yaitu dengan cara datang ke rumah pemilik utang. Namun, apa yang harus dilakukan jika DC pinjol datang ke rumah? 

DC pinjol datang ke rumah, apa yang harus dilakukan? Mengenai pertanyaan tersebut, berikut ada beberapa langkah yang dapat kalian coba. 

BACA JUGA:5 Tips Menghadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

Apa yang Harus Dilakukan Jika DC Pinjol Datang ke Rumah? 

1. Pastikan Surat Peringatan DC Dilengkapi Sejumlah Informasi Wajib 

Melansir dari Instagram resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) @ojkindonesia, OJK menyampaikan beberapa hal yang harus dipastikan nasabah saat ditagih utang oleh DC. 

Berdasarkan POJK Nomor 10/ POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi, jika peminjam wanprestasi maka penyelenggara Pinjol wajib melakukan penagihan kepada peminjam, paling sedikit dengan memberikan surat peringatan sesuai dengan jangka waktu dalam perjanjian pendanaan antara pemberi dana dan peminjam.

Surat peringatan wajib memuat paling sedikit informasi di bawah ini: 

  • Manfaat ekonomi pendanaan (bunga yang harus dibayar)
  • Denda yang terutang
  • Jumlah hari keterlambatan pembayaran kewajiban
  • Posisi akhir total Pendanaan yang belum dilunasi atau pokok terutang. 

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Hadapi DC Pinjol yang Datang ke Rumah

2. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi Debt Collector

Apa yang harus dilakukan jika DC pinjol datang ke rumah? Saat ada DC mendatangi rumah, maka debitur harus menanyakan identitasnya terlebih dahulu. Tanyakan juga surat tugas dan sertifikasi resmi dari DC tersebut. Kedua hal tersebut merupakan langkah utama untuk menghindari DC ilegal.

3. Laporkan ke Pihak Berwajib Apabila Mendapat Ancaman dan Intimidasi

Apabila nasabah telah menjelaskan dengan baik kondisi keuangannya kepada DC, namun justru mendapat ancaman, intimidasi, atau bahkan kekerasan, maka langkah berikutnya yang harus dilakukan yaitu dengan melaporkannya ke pihak berwajib. Nasabah bisa melakukan pengaduan DC kepada pihak Kepolisian, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kategori :