Modus Terbaru Penipuan Pinjol Ilegal untuk Menjerat Korban

Sabtu 07-09-2024,08:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:Kenali 4 Ciri-ciri Modus Penipuan Pinjol Ilegal dan Cara Mengatasinya agar Tidak Terjebak

3. Penawaran Pinjol Melalui WA/SMS

Padahal dalam aturannya, OJK sudah menegaskan bahwa ada larangan bagi platform fintech pendanaan resmi yang sudah terdaftar untuk tidak mengirimkan pesan pribadi kepada nasabah ataupun calon peminjam dana, kecuali memang sudah disetujui sebelumnya. 

Hal ini tercantum dalam Peraturan OJK No.1/POJK.07/2013 Tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan, pasal 19 bahwa:

Akhir-akhir ini, modus penipuan pinjol ilegal dengan menawarkan pinjaman dana lewat WA ataupun SMS semakin agresif. Terbukti semakin banyak orang yang menjadi korbannya.

Bagai penipuan mama minta pulsa, SMS penawaran ini bisa masuk ke siapa saja tanpa kecuali. "Pelaku Jasa Keuangan DILARANG melakukan penawaran produk dan/atau layanan kepada Konsumen dan/atau masyarakat melalui sarana komunikasi pribadi tanpa persetujuan Konsumen."

Dengan demikian, jika tidak pernah berhubungan dengan platform fintech mana pun dan kemudian tiba-tiba mendapatkan penawaran peminjaman dana, maka sudah hampir dapat dipastikan bahwa pinjol tersebut ilegal.

BACA JUGA:Waspadai 7 Modus Penipuan Pinjol Ilegal yang Sering Terjadi, Jangan sampai Tercekik Hutang Tinggi

Melalui website Sikapiuangmu, OJK merilis beberapa ciri pinjol ilegal dengan modus SMS ataupun WA yaitu:

  • Informasi tidak valid, lantaran ditutup-tutupi. Misalnya, kantornya tidak jelas berada di mana, nama perusahaannya apa, dan seterusnya.
  • Diklaim bahwa tidak perlu ada persyaratan apa pun. Padahal jika kalian meminjam dana dari fintech pendanaan legal, ada sejumlah persyaratan yang tetap harus dipenuhi, yang bertujuan untuk mitigasi risiko baik dari sisi platform maupun penggunanya.
  • SMS berasal dari nomor umum yang tidak dikenal.
  • Jadi, jika kalian menerima pesan WhatsApp maupun SMS dengan modus seperti ini, sebaiknya tidak perlu direspons dan langsung dihapus.
  • Itulah beberapa informasi seputar berbagai modus penipuan pinjol ilegal untuk menjerat korbannya yang perlu kalian perhatikan dan waspadai. Semoga bermanfaat. 

    Kategori :