SMP Negeri 2 Suradadi Kabupaten Tegal Kunjungi Museum Semedo

Jumat 06-09-2024,10:40 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Di Tahun Ajaran 2024/2025, SMP Negeri 2 Suradadi baru melaksanakan Kurikulum Merdeka peserta didik baru yaitu kelas VII dan kelas VIII. Sementara  untuk kelas IX,  masih menggunakan Kurikulum 13.  Dalam Kurikulum Merdeka ada Proyek Penguatan Profil  Pelajar Pancasila (P5).

Kepala SMP Negeri 2 Suradadi Djoko Eko Pratomo SPd MPd menyatakan, dalam satu tahun, pihak sekolah akan melaksanakan P5 dengan tiga tema. Dimana pada semester satu akan melaksanakan dua tema. Tema satu yaitu kearifan local berkunjung ke Museum Semedo dan tema dua Suara Demokrasi. “Yang akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober 2024," ujarnya.

BACA JUGA:Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Selesai Tahun Uni

Kunjungan ke Museum Semedo  kali inidilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 4 September 2024 yang diikuti oleh seluruh kelas VII, didampingi wali kelas dan Tim P5. Sedangkan untuk kelas VIII dilaksanakan satu hari berikutnya Kamis, 5 September 2024 diikuti oleh seluruh kelas VII, wali kelas dan Tim P5.

Peserta didik sangat antusias dan semangat melaksanakan P5. Kegiatan ini sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka. Harapan ke depan, peserta didik dengan berkunjung ke Museum Semedo dapat mengenal sejarah. Museum Semedo yang berdiri sejak tahun 2015 bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal yang bertujuan untuk melestarikan warisan manusia purba.

BACA JUGA:Disporapar Kabupaten Tegal Gelar Slawi Creative Fun 2024

Di sana juga menyajikan hasil penelitian dan memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya Semedo sebagai situs arkeologi dan tempat tinggal manusia purba yang terkenal. Selain itu juga diharapkan mampu menjadi bagian dari upaya konservasi dan pelestarian Kawasan cagar budaya di sekitarnya. 

"Dengan mengunjungi Museum Semedo, peserta didik akan belajar dan menambah pengetahuannya. Terutama dengan benda-benda yang dikoleksi dalam museum tersebut," tegasnya.

Kategori :