40 Orang di Kota Tegal Dilatih Jadi Juru Sembelih Halal

Senin 02-09-2024,11:40 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Sebanyak 40 peserta dari perwakilan masjid di Kota Tegal dilatih menjadi Juru Sembelih Halal (Juleha) di Balai Penyuluhan Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal. Pelatihan tersebut untuk menyambut diberlakukanya sertifikat halal. Sehingga pelatihan dan bimbingan teknik untuk para juru sembelih halal itu dilakukan.

"Bimtek dan pelatihan untuk 40 peserta dari perwakilan masjid di Kota Tegal," kata Sekretaris DPD Juleha Kota Tegal Nur Ma'arif.

BACA JUGA:Kandang Ayam di Desa Jenggawur Kabupaten Tegal Ludes Terbakar

Bimtek tersebut juga menghadirkan Ketua Baznas Harun Abdi Manaf, Kepala DKP3 Sirat Mardinus dan Kepala Kemenag Ahmad Mudzir. Para juru sembelih harus mengikuti bimtek, sebelum memiliki sertifikat halal sebagai penyembelih hewan. Karena target sendiri satu masjid, satu juru sembelih halal.

"Setelah ini, target kami tempat pemotongan hewan dan unggas. Karena untuk bimtek dilalukan setahun 2 kali," ujarnya.

BACA JUGA:Disdukcapil Kota Tegal Dapat Nilai Bagus dari Ombudsman

Sementara itu, Ketua DPD Juleha Kota Tegal Ahmad Fauzul Adhim menyampaikan, semua peserta akan dilanjutkan dengan praktek menyembelih secara syar'i. Supaya daging atau makanan dari hewan yang disembelih tersebut halal. Sehingga dapat dikonsumsi masyarakat secara baik dan terjaga.

"Bimtek ini untuk melatih juru sembelih secara syar'i, nantinya mereka akan mendapatkan sertifikat yang bisa dipakai di seluruh Indonesia," pungkasnya.

Kategori :