Meriahkan HUT RI, Adakan Lomba Tradisional

Senin 02-09-2024,08:30 WIB
Reporter : Meiwan Dani Ristanto
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, TEGAL - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tegal mengadakan kegiatan bersama untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan itu dilaksanakan dengan mengenalkan olahraga tradisional kepada anak-anak sekolah, khususnya jenjang SMP. Lomba permainan tradisional tersebut dilaksanakan di di halaman GOR Wisanggeni, Kota Tegal.

"Kita selenggarakan dengan tiga jenis lomba tradisional, yaitu lomba bakyak melangkah bersama. Dengan menggunakan bakyak, egrang dan gobak sodor," kata Kepala Disdikbud Kota Tegal Ismail Fahmi.

BACA JUGA:Kandang Ayam di Desa Jenggawur Kabupaten Tegal Ludes Terbakar

Lomba tradisional tersebut dilaksanakan selama dua hari, untuk jenjang SMP putra dan putri. Selanjutnya tahun depan akan dilaksanakan mulai jenjang PAUD, SD dan SMP.

Sementara itu,  Ketua MKKS SMP Kota Tegal Sukarmin mengungkapkan, kegiatan tersebut dapat terus dikembangkan di sekolah agar mereka dapat mengetahui kearifan lokal.  Serta melestarikan permainan yang sekaligus untuk mendidik beberapa karakter. Diantaranya, kegotong royongan, disiplin, kemandirian dan sebagainya. “Tentu bisa timbul dari lomba tersebut," pungkasnya.

Kategori :