Galbay Pinjol? Ini Risiko dan Solusi Mengatasinya

Sabtu 31-08-2024,17:45 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Galbay pinjol? simak risiko dan solusinya berikut ini. Pinjaman online saat ini telah menjadi solusi bagi banyak orang yang menghadapi kesulitan keuangan. 

Bagi mereka yang membutuhkan dana, pinjaman online menawarkan kemudahan akses tanpa perlu jaminan, hanya dengan menggunakan internet dan e-KTP, dana dapat dicairkan dalam waktu singkat. Namun, jika galbay pinjol? simak risiko dan solusinya berikut ini.

Galbay pinjol? simak risiko dan solusinya berikut ini. Pinjaman online yang legal disediakan oleh perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin OJK. Sebagai penyedia dana, fintech tersebut mengharuskan peminjam untuk memenuhi kewajiban pembayaran tepat waktu.

Anda mungkin bertanya-tanya, apa saja risiko yang muncul jika gagal bayar pinjaman online? Artikel ini akan membahas mengenai jika nasabah galbay pinjol? simak risiko dan solusinya berikut ini.

Apa Saja Risiko Gagal Bayar Pinjaman Online?

Gagal bayar pinjaman online, atau yang sering disebut galbay pinjol, adalah kondisi di mana seseorang tidak dapat melunasi utangnya kepada penyedia pinjaman. 

Ketika gagal bayar terjadi, penting untuk berhati-hati karena ada banyak risiko yang harus dihadapi. Kewajiban peminjam untuk membayar pinjaman diatur dalam Pasal 1754 KUH Perdata, sehingga pembayaran pinjaman merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi.

Ada berbagai risiko yang dapat timbul akibat gagal membayar pinjaman online yang legal, antara lain peningkatan utang akibat bunga dan denda, penurunan skor kredit serta masuk dalam daftar blacklist SLIK OJK, ancaman dari debt collector, dan kemungkinan tindakan hukum dari lembaga pemberi pinjaman.

BACA JUGA:8 Pinjol Legal Langsung Cair, Aman dan Terdaftar OJK

Risiko Gagal Bayar Pinjaman Online

Berikut adalah beberapa risiko jika Anda tidak dapat membayar pinjaman online:

1. Penurunan skor kredit dan masuk daftar hitam oleh SLIK OJK

Saat Anda mengajukan pinjaman online, pihak fintech akan meminta data pribadi seperti KTP, NPWP, KK, dan akun internet banking. Tujuannya adalah agar jika peminjam tidak membayar cicilan, fintech dapat mendaftarkan identitas Anda ke dalam daftar hitam SLIK OJK.

Jika Anda terdaftar dalam blacklist SLIK OJK, Anda akan mengalami kesulitan, bahkan mungkin tidak dapat lagi mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan di Indonesia.

2. Peningkatan utang akibat bunga dan denda

Kategori :