7 Tips Menghadapi Debt Collector Pinjol

Sabtu 31-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips menghadapi debt collector (DC) pinjol dapat menghindari nasabah dari penagihan kasar. Pasalnya saat ini marak kasus penagihan yang tidak wajar, seperti teror, ancaman, dan tindakan intimidasi lainnya.

Pinjol alias pinjaman online saat ini menggunakan panagih utang atau debt collector sebagai pihak ketiga. Bagi kalian yang saat ini sedang mengalami galbay alias gagal bayar dapat mengetahui tips menghadapi debt collector pinjaman online yang paling efektif. 

Tips menghadapi DC pinjol bisa dilakukan tanpa perlu panik atau kabur-kaburan. Dengan menerapkan strategi berikut ini, dipastikan sudah dijamin aman dari kejaran panagih utang atau debt collector pinjaman online. 

Penagih atau debt collector menjadi bagian dari pinjaman online atau pinjol yang tidak terpisahkan. Bagi mereka yang memiliki utang dan tidak melunasinya hingga waktu yang ditentukan akan ada aktivitas yang melibatkan para debt collector. Untuk itu, tips menghadapi DC pinjol perlu diketahui. 

BACA JUGA:Begini Cara Ampuh Menghadapi DC Pinjol Legal dengan Tepat dan Bijak

Banyak pihak yang mengingatkan soal meminjam di pinjol resmi dan legal. Salah satunya karena aktivitas penagihan tersebut, sebab jika meminjam di lembaga yang ilegal kemungkinan akan ada penagihan hingga mengancam kehidupan nasabahnya.

Tips Menghadapi DC Pinjol 

1. Jelaskan Alasan Keterlambatan dengan Baik

Tips menghadapi DC pinjol yaitu harus menjelaskan secara baik alasan terlambat atau menunggak membayar utang. Kalian juga perlu menambahkan akan menghubungi pihak pemberi pinjaman soal utang tersebut.

Ingat juga jangan menjanjikan apapun pada debt collector untuk memperpanjang masa penagihan pinjaman. Ini bisa membuat proses penagihan menjadi semakin rumit. Bagi para calon nasabah, perlu diingat untuk melakukan dua hal sebelum melakukan peminjaman.

2. Penyitaan Disertai Sertifikat Jaminan Fidusia

Lihat juga adanya sertifikat jaminan fidusia. Bentuknya yaitu dokumen asli atau penyitaan barang. Jika debt collector tidak bisa menunjukkan sertifikat tersebut, tolak aktivitas penyitaan.

3. Tanyakan Identitas

Tips menghadapi DC pinjol selanjutnya yaitu tanyakan identitas. Saat debt collector datang, sambutlah dengan sopan dan tanyakan identitas mereka. Ketahui juga soal identitas debt collector, mulai dari siapa yang memberi perintah penagihan dan kontak pemberi tanggung jawab.

BACA JUGA:Bagaimana Tips Menghadapi DC Pinjol Saat Galbay? Terapkan 5 Solusi Cerdas Ini Dijamin Aman

Kategori :