2 Ruas Jalan di Kabupaten Pemalang Gagal Dibangun

Sabtu 31-08-2024,10:30 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kabupaten Pemalang mengonfirmasi proyek jalan utama Jendral Sudirman dan Jalan Perintis Kemerdekaan tidak dapat dibangun sesuai dengan rencana awal. Kendalanya yaitu ada para Kementerian PUPR yang belum bisa memberikan anggaran perbaikan untuk jalan tersebut, dengan perkiraan akan memakan biaya lebih dari Rp20 miliar.

Kepala DPU PR Kabupaten Pemalang Joko Tri Asmoro mengatakan, hingga akhir Agustus ini pihaknya belum bisa melobi Kementerian PUPR untuk menganggarkan Dana Alokasi Khusus (DAK). Pada proyek perbaikan Jalan Jendral Sudirman di Kabupaten Pemalang. Padahal, pengajuan pelaksanaan proyek ini sudah dilakukan sejak awal 2024.

BACA JUGA:3 Pasangan Bacabup dan Bacawabup Pemalang Jalani Tes Kesehatan

"Kita sudah semaksimal mungkin, tapi sampai sekarang masih belum mendapatkan anggaran DAK dari pusat. Karena kita tidak bisa menggunakan anggaran daerah untuk pelaksanaan proyek ini dengan nilai yang besar,” jelasnya.

Pada proses pengajuan ke Kementerian PUPR, pihaknya terkendala Detail Engineering Design (DED) yang harus dilakukan revisi beberapa kali, hingga terakhir di Agustus ini. Dalam revisi yang diajukan, DPU PR memberikan DED perbaikan keseluruhan di Jalan Perintis Kemerdekaan, dan untuk Jendral Sudirman hanya sebagian kecil sesuai dengan kerusakannya.

BACA JUGA:Anom-Nurkholis Daftar ke KPU sebagai Cabup Pemalang, Jalan Kaki Diiringi Pasukan Obor

“Kami (pemkab) hanya sebagai penerima manfaat. Keputusan anggaran cair diberikan oleh kementerian,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan, proyek ini seharusnya sudah ada di penataan anggaran pusat sejak tahun lalu, tetapi terkendala hingga hilang di penganggaran dan baru dimunculkan kembali namun berkurang.

"Saya selalu mendorong dinas untuk segera menyelesaikan revisi DED, sehingga anggaran pusat dapat diberikan untuk perbaikan jalan," tegas Mansur.

BACA JUGA:Berdayakan UMKM Bersertifikat Halal

Dijanjikan sebelumnya oleh Mansur, jalan tersebut akan diperbaiki pada Agustus, namun hingga akhir bulan belum ada pengerjaan.

“Kalau tidak salah anggarannya berkurang, kemarin terakhir saya cek itu Rp13 miliar, tapi masih kita dorong terus agar Jalan Jendral Sudirman bisa diperbaiki,” tandasnya.

Kategori :