BPBD Kabupaten Tegal Kirim Relawan PB Ikuti Latgab

Selasa 27-08-2024,14:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Sebanyak 10 relawan  Penanggulangan Bencana (PB) didampingi 1 orang satgas di bawah koordinator Bidang I Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tegal. Ikut ambil bagian dalam latihan gabungan (latgab) yang dipusatkan  di Kaligua, Bumiayu.

Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah menyatakan, latihan gabungan diikuti  relawan PB dari BPBD Kota Tegal, Brebes, Kuningan, Banyumas, dan Cirebon. Latihan gabungan yang dipusatkan di  Kaligua, Bumiayu sekaligus menjadi media konsolidasi bagi para relawan di wilayah perbatasan. 

BACA JUGA:Apresiasi Rangkaian Kegiatan Hapernas

"Dalam upaya mengantisipasi potensi-potensi kejadian kebencanaan yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujarnya, Selasa (27/8/2024).

Kegiatan ini juga sebagai upaya menyamakan sinergitas kesiapsiagaan bencana. Baik terkai pantauan Gunung Slamet maupun antisipasi megathrusht. Daerah perbatasan ini menjadi salah satu wilayah yang secara topografi maupun geografis dipetakan sebagai kawasan rawan bencana di Jawa Tengah. Serta memiliki variasi bencana alam cukup beragam.

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Sosialisasi Aplikasi SIDT

“Mulai dari tanah longsor, tanah bergerak, anging puting beliung, sampai bencana kebakaran dan banjir.  Melalui latihan gabungan yang diikuti para relawan  wilayah perbatasan ini diharapkan dapat  menyatukan kekuatan. 

"Dalam rangka menyiapkan potensi-potensi pencegahan hingga penanggulangan bencana," cetusnya.

Seperti yang sempat dilakukan sebelumnya, materi yang akan diberikan di latihan gabungan sudah komprehensif dan diberikan secara simultan kepada para peserta. Mulai dari yang sifatnya teoritis sampai pada materi praktik di lapangan dan disampaikan oleh para instruktur berpengalaman. Para relawan juga diimbau untuk menguatkan jalinan komunikasi sehingga ketika nantinya dibutuhkan kerja sama dalam penanganan dan penanggulangan bencana sudah lebih solid dan sinergis. (adv)

Kategori :