Penyebab Hp Overheat dan Cara Mengatasinya

Minggu 25-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Kegiatan menonton video atau streaming konten secara online memerlukan pemrosesan data video yang intensif dan menjaga layar tetap aktif dalam waktu yang lama. Aktivitas ini juga dapat menyebabkan ponsel menjadi panas.

5. Aplikasi yang ketinggalan zaman atau bermasalah

Aplikasi yang memiliki bug atau masalah lainnya dapat membuat prosesor ponsel bekerja lebih keras, yang berdampak pada peningkatan suhu ponsel. Memperbarui aplikasi dan sistem operasi secara berkala dapat membantu mengatasi isu ini.

6. Faktor lingkungan

Paparan langsung terhadap sinar matahari atau suhu lingkungan yang tinggi dapat menjadi salah satu penyebab ponsel mengalami overheating. Kerusakan akibat kontak dengan air juga dapat memengaruhi suhu ponsel.

BACA JUGA:5 Spesifikasi Oppo A3x, Hp Tahan Banting dengan Kapasitas Baterai yang Cukup Besar

Mengatasi Ponsel yang Terlalu Panas  

Untuk mengatasi masalah ponsel yang cepat panas, penting untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Setelah memahami faktor penyebab HP overheat, berikut adalah beberapa solusi yang dapat diterapkan, dirangkum dari beberapa sumber:

1. Mematikan perangkat  

Jika beberapa solusi untuk mengatasi ponsel yang cepat panas di atas tidak berhasil, coba matikan perangkat. Biarkan ponsel mendingin selama beberapa waktu sebelum menyalakannya kembali.

2. Mengaktifkan mode pesawat  

Menggunakan mode pesawat juga bisa menjadi solusi untuk ponsel yang cepat panas. Dengan mengaktifkan mode ini, semua fungsi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan sinyal seluler yang tidak diperlukan akan dimatikan untuk sementara. 

3. Menutup aplikasi yang aktif  

Seringkali, setelah menggunakan ponsel, beberapa aplikasi tetap dibiarkan terbuka meskipun tidak digunakan. Jika ini menjadi penyebab ponsel panas, solusinya adalah menutup semua aplikasi yang tidak diperlukan, terutama yang memerlukan banyak sumber daya.

4. Mengembalikan ke pengaturan pabrik  

Jika masalah overheating pada ponsel masih berlanjut, pertimbangkan untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik untuk mengembalikan kondisi awal. Pastikan untuk mencadangkan semua data terlebih dahulu, karena proses ini akan menghapus semua informasi pengguna.

Kategori :