Tarif Sewa Stadion Trisanja Kabupaten Tegal Naik

Jumat 23-08-2024,09:15 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI – Stadion Trisanja Slawi resmi dibuka untuk umum. Kini, rumput di lapangan tersebut sudah diganti dan sudah memenuhi standar nasional Indonesia (SNI).

Untuk tarif sewanya juga naik. Hal itu mendasari pada Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tegal Nomor 11 Tahun 2023 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Kabid Olahraga Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tegal Putri Dewi Fitrah Ayu Lintang membenarkan adanya tarif sewa stadion yang mengalami kenaikan.

BACA JUGA:Bikin Bangga! Progres Peningkatan Jalan di Kabupaten Tegal

Tarif terbagi menjadi tiga klasifikasi. Untuk klasifikasi I penggunaan malam hari dengan menarik karcis dan dukungan sponsor, tarifnya Rp 1,75 juta per jam, dan siang harinya Rp1,25 juta per jam.

Klasifikasi II penggunaan malam hari dengan dukungan sponsor tanpa menarik tiket, tarifnya Rp1,5 juta per jam dan siang hari Rp1 juta per jam.

Kemudian klasifikasi III penggunaan malam hari tanpa menarik karcis dan dukungan sponsor Rp1 juta per jam dan siang hari Rp750 ribu per jam.

"Untuk tarif sewa ini, kami mendasari pada Perda," kata Putri Dewi Fitrah Ayu Lintang, di ruang kerjanya.

BACA JUGA:Disporapar segera Adakan Popda Kabupaten Tegal

Putri menjelaskan, adapun untuk biaya penggantian rumput lapangan olahraga dengan jenis rumput manila atau zoysia matrella sepenuhnya menggunakan dana APBD Kabupaten Tegal Tahun 2023 senilai Rp2,4 miliar.

Rumput manila memiliki ciri khas warna hijau pekat dengan tingkat elastisitasnya yang baik, sehingga bola bisa bergulir stabil.

Kekuatan rumput manila juga bagus, tidak mudah terkoyak saat pemain berlari di lapangan. Meski demikian, rumput manila ini memerlukan perawatan intensif dengan pemangkasan rutin.

BACA JUGA:Antisipasi Muktamar Tandingan, DPC PKB Kabupaten Tegal Datangi Pengadilan Negeri

Adapun pemeliharaan rumput di lapangan olahraga Stadion Trisanja ini dilakukan secara khusus dengan menggandeng mitra kerja PT Harapan Jaya Lestarindo, sebuah perusahaan asal Tangerang yang bergerak di bidang perencanaan, pembangunan dan perawatan lapangan sepak bola.

Perusahaan ini pula yang sebelumnya ditunjuk Pemkab Tegal pada proses pengadaan dan pengerjaan penggantian rumput lapangan sejak 8 September 2023 hingga 4 Juli 2024.

Kategori :