Simulasi Sispamkota Polres Pemalang

Kamis 22-08-2024,10:45 WIB
Reporter : M Ridwan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Polres Pemalang berhasil mengendalikan situasi dan mengamankan sejumlah pengunjuk rasa anarkis. Ketika ratusan massa menyampaikan ketidakpuasan pada hasil penghitungan suara di kantor penyelenggara Pemilu.

Awalnya, tim negosiator Polres Pemalang berhasil menenangkan pengunjuk rasa agar dapat menyampaikan aspirasinya dengan damai. Namun, situasi berubah menjadi anarkis akibat adanya oknum yang melawan petugas. Serta melakukan pengrusakan pada sejumlah fasilitas umum.

BACA JUGA:Damkar Kabupaten Tegal Padamkan Kebakaran di Desa Balapulang Wetan

Menangani aksi unjuk rasa yang semakin anarkis, Polres Pemalang berupaya membubarkan massa secara bertahap sesuai dengan eskalasi. Hingga akhirnya dapat memukul mundur massa dan mengendalikan situasi. 

Ya, itu adalah bagian dari skenario dalam gelaran simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang digelar Polres Pemalang. Untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo mengatakan, simulasi Sispamkota melibatkan ratusan personel Polres Pemalang dengan didukung instansi terkait. Dari Kodim, pemkab, BPBD dan PMI.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Rujuk 52 ODGJ

“Dengan persiapan yang ada, harapannya pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dapat dilaksanakan dengan maksimal,” jelasnya.

Untuk menjamin situasi yang aman dan kondusif di Kabupaten Pemalang. Polres bersama instansi terkait akan meningkatkan kegiatan patroli ke kantor penyelenggara Pemilu, pemerintahan dan obyek vital lainnya. Harapannya, Polres Pemalang bersama stakeholder yang ada dapat melaksanakan pengamanan secara bersama-sama dengan penuh tanggung jawab. 

“Untuk menjamin berlangsungnya pemilihan kepala daerah yang lancar, aman dan kondusif," tandasnya. 

Kategori :