Damkar Kabupaten Tegal Padamkan Kebakaran di Desa Balapulang Wetan

Damkar Kabupaten Tegal Padamkan Kebakaran di Desa Balapulang Wetan

PEMADAMAN - Sejumlah petugas Damkar Kabupaten Tegal saat hendak memadamkan api yang membakar.Foto:Yeri Noveli/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Sebuah rumah warga di RT 01 RW 06 Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal terbakar. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (20/8) sekira pukul 23.45 WIB.

Beruntung, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tegal berhasil menjinakan api tersebut. Sehingga, jilatan si jago merah ini tidak menjalar ke rumah penduduk lainnya.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi melalui Kabid Penanggulangan Kebakaran Suwitno menuturkan, sekitar pukul 00.10 WIB, pihaknya mendapat laporan dari warga ihwal terjadinya kebakaran rumah di Desa Balapulang Wetan.

BACA JUGA:Berbagi Strategi Kembangkan Bursa Kerja Khusus

Setelah mendapat laporan itu, armada dan personil Damkar 3 segera mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan penanganan.

"Dugaan kami, penyebab kebakaran itu karena korsleting listrik," kata Suwitno, Rabu (21/8/2024).

Semula, lanjut Suwitno, warga melihat ada kepulasan asap yang disertai kobaran api yang semakin membesar dan meluas di atas rumah korban. Saat melihat itu, warga mencoba memadamkan api dengan alat seadanya. 

Namun, api tak kunjung padam. Sehingga warga memutuskan untuk melapor ke petugas Damkar Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:Luncurkan e- SitePlan melalui Aplikasi Sicantik.

"Hanya satu rumah yang terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa. Untuk kerugian, masih diselediki," kata Suwitno.

Sementara, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal menyebutkan, rumah yang terbakar itu milik Casmah. Lokasinya di Jalan Raya Tegal-Purwokerto RT 01 RW 06 Desa Balapulang Wetan, Kecamatan Balapulang.

Kronologi kebakaran itu berasal dari bagian belakang rumah atau di tempat salat. Kebakaran terjadi sekira pukul 23.45 WIB. Kala itu, Casmah masih terjaga. Sehingga saat kebakaran terjadi, Casmah langsung meminta bantuan ke warga.

"Api berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar sekira jam satu dini hari," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tegal Eliya Hidayah. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: