Berbagi Strategi Kembangkan Bursa Kerja Khusus

Berbagi Strategi Kembangkan Bursa Kerja Khusus

DUKUNGAN - Instruktur pelatihan Dinas Perintransnaker memberi dukungan kepada peggelola BKK.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG.ID, SLAWI -  Pembinaan  sekaligus pembekalan terhadap Bursa Kerja Khusus (BKK) kembali  dilakukan Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal di SMK Negeri 2 Adiwerna. Kegiatan kali ini diharapkan bisa menjadi strategi untuk membangun dan mengembangkan BKK sekolah.

Kepala Disperintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro melalui  instruktur  pelatihan Sarwoko menyatakan, dari kegiatan yang digelar selama 2 hari tersebut diharapkan  dapat menggugah pengelola BKK sekolah terkait bagimana mengelola BKK secara profesional.

"Hal ini dalam rangka  untuk meningkatkan  kepercayaan masyarakat terhadap sekolah," ujarnya, "  Rabu (21/8/2024). 

BACA JUGA:Luncurkan e- SitePlan melalui Aplikasi Sicantik.

Dari kegiatan ini diharapkan bisa memfasilitasi keberhasilan pengelolaan sekolah  dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga sekolah. Muaranya adalah membantu warga belajar untuk mendapatkan pekerjaan. 

Kegiatan ini juga dalam rangka untuk peningkatan kapasitas dan konpetensi petugas Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK di Kabupaten Tegal. BKK adalah sebuah lembaga yang dibentuk di unit satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta. 

BACA JUGA:Kiai Abu Joharudin Bahry Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Pemalang

"Sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, penyaluran dan penempatan tenaga kerja," cetusnya.

Adapun program kerja BKK, diantaranya  mendata calon lulusan (khusus kelas XII), memberi peluang kepada perusahaan untuk mengadakan perekrutan dan penempatan tenaga kerja."Hingga  penelusuran alumni (tracer study), program magang.

Menurutya, BKK yang merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam penempatan tenaga kerja. Untuk bekerjasama dan sama-sama bekerja membantu pengentasan kemiskinan melalui pengurangan pengangguran.Dengan menempatkan tenaga kerja sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: