Meriahkan HUT RI, Adakan Lomba Menangkap Ikan dengan Tangan  Kosong

Rabu 21-08-2024,09:45 WIB
Reporter : Siti Maftukhah
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG - Puluhan warga di Desa Mejagong, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang berebut menangkap ikan menggunakan tangan kosong. Kegiatan tersebut untuk memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di lahan persawahan yang sudah diberi ikan. 

Ketua Panitia Zaenal Arifin mengatakan, di dusun 4 mengadakan 2 macam perlombaan, yaitu tangkap ikan dan panjat pinang. Lomba tangkap ikan  dilakukan dengan tangan kosong, peserta bebas mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua.

BACA JUGA:Dinas Porapar Kabupaten Tegal Rakor Susun DED Desa Wisata Pesarean

"Lokasinya di sawah sebelah Sungai Cello, dengan jenis ikan lele dan bawal, masing masing peserta menangkap ikan untuk dirinya sendiri" katanya.

Ikan yang diperebutkan sebanyak 25 kilogram, yaitu bawal dan lele yang sudah disiapkan sebelumnya untuk lomba. Lomba tangkap ikan cukup meriah karena unik dan lahan sawah yang digunakan untuk lomba memang sudah tertata sehingga tidak terlalu dalam. 

"Untuk panjat pinang, diikuti per kelompok 7 orang, pemenang adalah kelompok pertama yang bisa naik sampai ke puncak hadiah," tambahnya. 

BACA JUGA:Tim Korsik Satpol PP Kabupaten Tegal Iringi Pengibaran Bendera HUT RI

Ma' ruf, salah satu peserta lomba mengatakan, lomba menangkap ikan ini cukup sulit karena menggunakan tangan kosong. Peserta saling berebut menangkap ikan, di sawah yang sudah disulap jadi kolam ikan yang tidak terlalu dalam, namun tetap saja ikan sulit ditangkap karena pakai tangan. 

"Nangkap ikan ini sulit namun menyenangkan dan menghibur, apalagi peserta banyak dan campuran sehingga ramai dan meriah," ujarnya.

 

Kategori :