Solusi Galbay Pinjol Legal yang Harus Diketahui

Senin 19-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Terjerat pinjol alias pinjaman online legal dan kesulitan membayar cicilan? Jangan panik. Kini ada beberapa solusi galbay pinjol legal yang dapat kalian coba dan lakukan dengan mudah supaya utang cepat terlunasi. 

Gagal bayar tagihan pinjol merupakan keadaan saat seorang debitur tidak mampu melunasi cicilan pinjamannya dari perusahaan penyedia layanan pinjol. Karena itu, sebelum memutuskan menggunakan jasa pinjaman online, debitur perlu mengetahui kebutuhan dan kemampuan untuk membayar kembali uang yang dipinjam. Solusi galbay pinjol legal ini dapat kalian terapkan. 

Solusi galbay pinjol legal dapat dilakukan dengan strategi finansial yang baik dan matang. Dengan cara ini, debitur bisa keluar dari jeratan utang yang sulit dibayar atau dilunasi. 

Lalu, bagaimana jadinya jika sudah terlanjur mengambil pinjaman online dan tidak mampu membayar tagihan? Dibawah ini ada beberapa solusi galbay pinjol legal yang bisa kalian lakukan untuk menghindari dari berbagai risiko dikemudian hari. 

BACA JUGA:Terlilit Utang Pinjol? Ini 5 Solusi Galbay Pinjol yang Paling Efektif dan Mudah Dilakukan

BACA JUGA:3 Solusi Galbay Pinjol Legal Terbaru 2024 dengan Aman, Bebas Teror dan Lilitan Utang

Solusi Galbay Pinjol Legal 

1. Laporkan ke Pihak Berwenang

Saat mengalami galbay dan tagihan menunggak selama beberapa bulan, tidak menutup kemungkinan jika pihak penyedia pinjol mengirim debt collector untuk menagih utang kepada debitur.

Perlu dicatat bahwa tidak semua DC mengikuti aturan dari pemerintah untuk menagih utang, sehingga memungkinkan terjadinya tindakan seperti teror, intimidasi, atau ancaman. Jika hal tersebut terjadi, blokir semua nomor kontak yang mengirim teror. Kemudian, laporkan ke pihak kepolisian dan lampirkan laporan polisi ke kontak yang masih melakukan aksi teror.

2. Hindari Mengambil Pinjaman Lain

Solusi galbay pinjol legal berikutnya yaitu hindari mengambil pinjaman lain. Dalam keadaan finansial yang sulit, hindari mengambil pinjaman lain untuk membayar pinjaman yang sebelumnya. Hal ini akan membuat pinjaman online semakin menumpuk dan lebih banyak lagi yang harus dibayar.

3. Restrukturisasi

Restrukturisasi merupakan upaya yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya membayar tagihan. Melalui restrukturisasi, debitur bisa melakukan negosiasi dengan pihak penyedia pinjol untuk diberikan keringanan berupa pengurangan bunga pinjaman, perpanjangan jangka waktu pembayaran atau penghapusan denda.

Perlu diperhatikan, dalam melakukan kesepakatan dengan pihak penyedia pinjol debitur juga harus memperhatikan kesanggupan finansialnya agar bisa melunasi semua tagihan yang belum dibayar.

Kategori :