4 Tips Jitu Menghindari Teror Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Senin 19-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips menghindari teror pinjol ilegal merupakan langkah yang efektif agar tetap aman dari penagihan yang tidak wajar. Mengingat praktik penagihan debt collector pinjaman ilegal yang brutal, pengguna harus tahu cara mengatasinya. 

Saat ini banyak yang khawatir dengan adanya teror dari penagih utang atau debt collector pinjol ilegal yang bikin resah. Sebagaimana diketahui, pinjol ilegal seringkali menggunakan cara yang tidak lazin untuk menagih utang. Karena itu, tips menghindari teror pinjol ilegal perlu kalian ketahui. 

Biasanya debt collector (DC) akan melakukan teror seperti, mengancam, telefon, tindakan intimidasi, orderan fiktif dan lainnya yang sangat merugikan. Untuk itu, tips menghindari teror pinjol ilegal sangat tepat untuk kalian lakukan agar terhindar dari tindakan yang merugikan. 

Tips menghindari teror pinjol ilegal penting untuk dilakukan supaya terhindar dari berbagai risiko kerugian. Belakangan ini sudah banyak kasus teror yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

BACA JUGA:Tetap Waspada! Inilah Tips Mengatasi Teror Pinjol Ilegal yang Bikin Resah, Lakukan Cara Cerdas Ini

Tentu masyarakat sudah tidak asing lagi dengan pinjaman online atau pinjol. Apalagi saat ini pinjol alias pinjaman online terbilang telah menjamur dimana-mana.

Tidak heran jika banyak masyarakat yang tergiur meminjam uang di pinjaman online. Namun kalian harus hati-hati. Sebab, tidak sedikit pinjaman online ilegal yang kini juga marak di masyarakat. Bahkan banyak yang tertipu dengan pinjaman online atau pinjol ilegal ini. 

Padahal pemerintah seringkali berkoar terkait perbedaan pinjaman online legal dan ilegal. Dimana pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga menghimbau untuk lebih baik meminjam di pinjol legal. Pasalnya, ada beberapa kerugian yang akan kalian tanggung jika nekat pinjam di pinjaman online yang ilegal.

Pinjaman online ilegal biasanya memberikan jangka waktu pendek dan bunga yang besar. Selain itu, data kalian bisa tidak aman jika meminjam di pinjol ilegal. Bisa saja data kalian disebar atau malah disalahgunakan oleh hal untuk menipu. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terjerat di pinjaman online ilegal? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

BACA JUGA:Begini 8 Tips Jitu Menghadapi Teror Pinjol saat Telat Bayar Cicilan

Tips Menghindari Teror Pinjol Ilegal

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghindari dari pinjol ilegal yang bikin resah dan tidak nyaman, sebagai berikut: 

1. Ajukan Permohonan Keringanan

Jika kalian ingin tetap menghadapinya, mintalah keringanan untuk pembayaran pinjaman. Biasanya pihak pinjaman online juga akan memberikan penawaran keringanan untuk membayar tagihan. 

2. Tunggu Hingga Mereka Tidak Menagih

Kategori :