Pemkab Tegal Gelar Apel Kehormatan

Senin 19-08-2024,10:45 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal gelar apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purakusuma Persada.

Apel kehormatan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini dipimpin oleh Mayor Cpl Yulian Cahyono. Diikuti oleh 250 peserta dari unsur TNI, Polri, Korpri, Satpol PP dan organisasi kemasyarakatan.

Yulian menuturkan, kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan akan keikhlasan dan kesucian perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan bangsa ini.

BACA JUGA:5 Orang Berkostum Domba Terkena Percikan Kembang Api di Desa Gambuhan Kabupaten Pemalang

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya kepada para pahlawan. Kami bersumpah perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” ujarnya.

TMP Purakusuma Persada ini menjadi tempat disemayamkan pahlawan TNI sebanyak 21 orang, Polri satu orang dan pejuang rakyat sebanyak empat orang.

"Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat sewajarnya,” ucapnya.

BACA JUGA:Hari Jadi Provinsi Jateng, Pj Gubernur Lari Bareng Ribuan Warga di Salatiga

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tegal Trinanda Aji Permana menuturkan jika kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan penuh khidmat.

“Renungan suci ini mengingatkan kita pada perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya demi kepentingan bangsa ini,” kata Aji.

Dia berharap, ke depan organisasi kepemudaan bisa turut terlibat dalam apel ini. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap peringatan ini dapat meningkatkan kecintaan kepada bangsa dan negara.

"Semoga Apel ini bisa meningkatkan jiwa juang dan patriotisme bagi generasi muda,” tutupnya.

Kategori :