Berapa Lama Telat Bayar Pinjol Sebelum DC Datang ke Rumah?

Sabtu 17-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

2. Debt collector diwajibkan memiliki sertifikasi dari OJK dan harus diakui serta diatur dalam ketentuan OJK.

3. Debt collector harus mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara langsung oleh OJK.

4. Debt collector dilarang melakukan tindakan kekerasan, ancaman, atau perilaku yang dapat mempermalukan nasabah. Jika tindakan ini dilakukan, DC dapat dikenakan sanksi pidana atas pencemaran nama baik.

5. Penagihan utang macet hanya boleh dilakukan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, di mana utang macet diartikan sebagai keterlambatan cicilan yang sudah lebih dari 6 bulan.

6. Dalam menjalankan tugasnya, debt collector wajib membawa dokumen surat tugas dari perusahaan pembiayaan serta sertifikat profesi dari lembaga resmi. Selain itu, DC juga harus membawa rincian tertulis mengenai utang dan biaya yang harus dibayar oleh debitur.

7. Penagihan di luar lokasi dan atau waktu tertentu hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dan perjanjian dengan penerima dana.

BACA JUGA:Terjerat Pinjol? Begini Tips Mudah Membebaskan Diri dari Utang Menumpuk

Demikian ulasan berapa lama telat bayar pinjol sebelum DC datang ke rumah? simak poin pentingnya. Untuk mengenai waktu keterlambatan pembayaran pinjaman online yang biasanya membuat DC datang ke rumah, yaitu setelah nasabah terlambat membayar selama 7 hari atau lebih. Semoga bermanfaat.

Kategori :