Galbay Pinjol? Pahami 5 Hal Ini Sebelum DC Lapangan Datang ke Rumah

Sabtu 17-08-2024,07:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID. - Seiring waktu, debt collector akan mengunjungi nasabah yang mengalami galbay pinjol. Kehadiran mereka sering kali menimbulkan rasa cemas atau ketakutan. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Berikut ketahui 5 hal ini sebelum DC lapangan datang ke rumah.

Menghadapi debt collector yang datang ke rumah bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, terutama bagi mereka yang sedang mengalami galbay pinjol. Namun, dengan pengetahuan dan persiapan yang baik, Anda dapat menghadapinya dengan lebih tenang dan aman. Ketahui 5 hal ini sebelum DC lapangan datang ke rumah.

Pinjaman online kini menjadi pilihan banyak orang yang membutuhkan dana dengan cepat dan mudah. Namun, di balik kemudahan tersebut, terdapat risiko besar jika tidak dikelola dengan baik, salah satunya adalah gagal bayar atau galbay. Pahami 5 hal ini sebelum DC lapangan datang ke rumah.

Gagal bayar pinjaman online dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari pengelolaan keuangan yang kurang baik, kehilangan pekerjaan, hingga situasi darurat yang tidak terduga. Yuk simak ulasan 5 hal ini sebelum DC lapangan datang ke rumah dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Batas Waktu Penagihan Utang Pinjol sesuai Aturan Terbaru

Berikut ini ketahui 5 hal sebelum DC lapangan datang ke rumah, diantaranya :

1. Debt Collector Datang Tanpa Pemberitahuan

Sekitar 80% debt collector pinjol tidak memberikan pemberitahuan kepada nasabah yang mengalami galbay. Meskipun ada beberapa yang menginformasikan kedatangan mereka, jumlahnya sangat sedikit. Anda perlu berhati-hati jika menerima pesan mengenai kedatangan debt collector, karena bisa jadi itu adalah penipuan dari pinjol ilegal.

2. Hindari Janji Pembayaran

Ketika Anda mengalami kesulitan keuangan, jangan sekali-kali menjanjikan untuk membayar sejumlah uang. Ini sangat penting, terutama jika debt collector menyatakan mereka akan kembali.

Menjanjikan pembayaran saat mengalami kesulitan dapat membuat Anda rentan terhadap manipulasi oleh oknum debt collector yang tidak bertanggung jawab.

Debt collector pinjaman online biasanya akan berhenti mendatangi nasabah setelah lebih dari 90 hari, jadi Anda tidak perlu khawatir. Pastikan untuk mengawasi mereka agar tidak memotret hal-hal yang tidak perlu.

BACA JUGA:10 Cara Melunasi Utang Pinjol Menahun

3. Minta Dokumen Lengkap

Saat debt collector pinjaman online datang ke rumah untuk menagih utang, Anda harus meminta mereka untuk menunjukkan dokumen seperti surat utang, surat jalan, Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan (SPPI), dan identitas resmi seperti KTP. 

Kategori :