Efek Negatif Menggunakan Smartphone Sambil Berbaring

Minggu 11-08-2024,17:30 WIB
Reporter : Moh Azizul Umar
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID -  Di era digital saat ini, smartphone telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Kami menggunakannya untuk komunikasi, hiburan, dan bahkan pekerjaan. Dengan kenyamanan yang mereka tawarkan, tidak heran jika banyak orang terpaku pada layar mereka, bahkan saat mereka sedang berbaring.

Namun, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini dapat memiliki beberapa efek negatif pada kesehatan dan kesejahteraan kita. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi tiga kelemahan utama menggunakan smartphone sambil berbaring.

BACA JUGA:Cara Nonton TV di Hp dengan Mudah dan Gratis

1. Ketegangan pada Leher dan Punggung

Saat kita berbaring dan menggunakan smartphone, kita sering menjulurkan leher untuk melihat layar. Posisi yang tidak wajar ini memberikan tekanan yang signifikan pada leher dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

Seiring waktu, ini dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk dan bahkan masalah yang lebih serius seperti masalah tulang belakang leher. Selain itu, berbaring saat menggunakan ponsel cerdas juga dapat menyebabkan ketegangan pada punggung, karena kurangnya penyangga yang tepat dapat menyebabkan ketidaksejajaran dan ketidaknyamanan.

Untuk mengurangi efek ini, penting untuk memperhatikan postur tubuh kita saat menggunakan ponsel cerdas. Jika berbaring tidak dapat dihindari, pertimbangkan untuk menggunakan bantal yang mendukung atau menyesuaikan sudut layar untuk mengurangi ketegangan pada leher dan punggung.

Sering istirahat dan melakukan peregangan juga dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh penggunaan ponsel cerdas dalam waktu lama dalam posisi ini.

BACA JUGA:Cara Melacak Ponsel yang Hilang dengan Gmail

2. Ketegangan Mata dan Ketidaknyamanan

Menatap layar smartphone sambil berbaring juga bisa berdampak buruk pada mata kita. Sudut di mana kita memegang perangkat dan pencahayaan yang seringkali tidak memadai pada posisi seperti itu dapat menyebabkan ketegangan mata dan ketidaknyamanan.

Selain itu, paparan cahaya biru yang dipancarkan layar dalam waktu lama dapat mengganggu pola tidur kita dan menyebabkan ketegangan lebih lanjut pada mata. Untuk meminimalkan dampak pada mata kita, penting untuk beristirahat secara teratur dari waktu layar, terutama saat berbaring.

Menyesuaikan kecerahan dan ukuran font layar juga dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Selain itu, berinvestasi dalam kacamata penghambat cahaya biru dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap efek berbahaya dari penggunaan ponsel cerdas dalam waktu lama, terutama dalam kondisi cahaya redup.

BACA JUGA:6 Malware Android yang Harus Diwaspadai!

3. Pola Tidur yang Terganggu

Kategori :