7 Cara agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

Minggu 11-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP berikutnya yaitu dengan menolak izin akses kontak kepada pihak aplikasi pinjaman online ketika baru pertama kali menggunakannya.

Sebab, izin ini memungkinkan aplikasi bisa membaca kontak yang ada di handphone kalian. Karena itu, jangan kalian klik setujui akses kontak, hal ini bertujuan agar data pribadi kalian tetap terjaga dan aman.

4. Melunasi Hutang

Cara berikutnya yaitu dengan melunasi hutang kalian sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebab ini merupakan cara paling efektif dan benar agar kontak HP milik kalian tidak mendapatkan terror dari pihak pinjaman online. 

5. Mengunduh Aplikasi Resmi

Pastikan juga sebelum melalukan peminjaman, kalian mengunduh aplikasi pinjaman online atau pinjol melalui aplikasi resmi, seperti di PlayStore atau AppStore.

Jangan sekali-kali menggunakan aplikasi yang abal-abal, sebab jika kalian menggunakan aplikasi tidak resmi yang dikhawatirkan mereka akan mencuri data pribadi milik kalian sendiri.

BACA JUGA:7 Langkah f agar Pinjol Tidak Bisa Akses Kontak Handphone

6. Mengganti Kartu SIM

Jika pihak pinjaman online menguhubungi kalian terus menerus melalui pesan singkat atau sms, kalian bisa mengambil sikap untuk langsung menganti SIM dengan nomor baru yang tidak dikenal oleh pihak pinjaman online.

7. Hindari Kontak Darurat

Jika pihak aplikasi pinjaman online atau pinjol meminta nomor kontak darurat ketika baru pertama kali mendaftar, alangkah lebih baiknya kalian tidak memasukan nomor keluarga atau teman terdekat kalian.

Sebab cara ini bisa menghindarkan teman dekat atau keluarga kalian agar tidak ikut terlibat, ketika kalian belum membayar sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara agar pinjol tidak bisa akses kontak HP yang bisa kalian lakukan dan terapkan untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Kategori :