IBN Tegal Siap Buka 2 Prodi Jenjang Magister

Rabu 07-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal saat ini sedang mempersiapkan untuk dua program studi (Prodi) jenjang Magister.

Guna melengkapi persyaratannya, Direktorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) RI melakukan Asesmen Lapangan di IBN Tegal.

Hadir dalam kegiatan itu, ketua Badan Pengurus Yayasan Pusat Pengembangan dan Pengkajian Islam (YPPPI) Ki Gede Sebayu, rektor didampingi wakil rektor, dekan, kaprodi, kepala lembaga serta para calon dosen jenjang magister.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Bersiap Layani Permintaan Dropping Air Bersih

Subtim Bina Prodi Subdit Akademik Diktis Kemenag RI Dr Lukman Nugraha MST mengapresiasi kerja keras Rektor IBN Tegal bersama jajarannya yang mampu menghadirkan data ajuan pembukaan prodi baru.

"Datanya sudah lengkap dan ini layak diasesmen lapangan," kata Lukman Nugraha.

Menurutnya, kendati data itu sudah diupload melalui sistem pengajuan pembukaan prodi baru, tapi untuk memverifikasinya harus diasesmen secara faktual.

BACA JUGA:Dorong Wirausaha Pemuda Dapat Wawasan Pengetahuan Baru

Tim harus melihatnya langsung bagaimana kesiapannya ketika hendak membuka prodi jenjang Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Magister Studi Islam (SI).

"Asesmen ini dilakukan oleh tim asesor dari Diktis," ucapnya.

Rektor IBN Tegal Dr H Saepudin MA menegaskan, bahwa pembukaan prodi jenjang magister ini bukan tanpa alasan.

Selain sarana dan prasarananya sudah memadahi, IBN Tegal juga sudah memiliki doktor. Untuk mendapatkan calon mahasiswa jenjang magister juga tidak sulit.

BACA JUGA:Apresiasi Sosialisasi Digitalisasi Pemasaran UMKM oleh Mahasiswa KKN

Sebab selama ini, pihaknya kerap ditanya ihwal jenjang magister di IBN dari para calon mahasiswa.

“Kami bersyukur ajuan magister PAI dan SI ini, langsung mendapat respon serius dari Kemenag. Terbukti, mereka langsung visit sebagai tindak lanjut kelengkapan data ajuan kami,” kata Saepudin.

Kategori :