Survei SMRC: Mansur Hidayat Unggul Jika Pilkada Kabupaten Pemalang Hanya 2 Calon

Rabu 07-08-2024,09:00 WIB
Reporter : Agus Pratikno
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, PEMALANG  - Bakal calon Bupati Pemalang Mansur Hidayat berpotensi menang dalam Pilkada serentak tahun 2024. Hal itu, berdasarkan hasil survei Saeful Mujani Research & Consulting (SMRC). 

Potensi kemenangan Mansur Hidayat, dari hasil survei tim SMRC mencapai 81,3 persen. Dimana Tim SMRC menyajikan simulasi Pilkada Pemalang 2024 dengan pilihan dua calon bupati. 

Adapun nama yang muncul dan berpotensi menjadi lawan Mansur Hidayat, diantaranya Anom Widiyantoro, Iskandar Ali Syahbana, dan Slamet Efendi.  Survei SMRC dilakukan terhadap 410 orang responden. Sampel yang dipilih dengan metode multistage random sampling dengan jumlah proporsional. Untuk toleransi kesalahan (margin of error) survei diperkirakan 5 % pada tingkat kepercayaan 95 %.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Bersiap Layani Permintaan Dropping Air Bersih

Tim SMRC dalam melakukan survei memberikan pertanyaan kepada responden yang ada. Dalam pertanyaannya, responden diminta untuk memilih diantara nama-nama calon bupati yang ada. 

Jika Pilkada nanti digelar dengan pilihan calon bupati yang ada hanya dua orang antara Mansur Hidayat dengan Anom Widiyantoro. Maka tingkat dukungan terhadap Mansur Hidayat mencapai 81,3 % dan Anom Widiyantoro mencapai 8,3 %. Sedangkan sisanya 10,4 % massa mengambang atau tidak tahu dan tidak menjawab.

BACA JUGA:Dorong Wirausaha Pemuda Dapat Wawasan Pengetahuan Baru

Jika Pilkada digelar dengan pilihan Mansur Hidayat dengan Iskandar Ali Syahbana, tingkat dukungan Mansur Hidayat mencapai 75,0 % dan Iskandar Alisyahbana mencapai 16,1 % dan sisanya 8,9 % massa mengambang atau tidak tahu dan tidak menjawab.

Kemudian jika Pilkada digelar dengan pilihan Mansur Hidayat dengan Slamet Efendi, tingkat dukungan Mansur Hidayat mencapai 79,8 % dan Slamet Efendi 9,9 % dan sisanya 10,2 % massa mengambang atau tidak tahu dan tidak menjawab. 

BACA JUGA:Apresiasi Sosialisasi Digitalisasi Pemasaran UMKM oleh Mahasiswa KKN

Besarnya dukungan terhadap Mansur Hidayat,  berdasarkan survei, rupanya didasari alasan belum tahu calon lain. Di sisi lain Mansur Hidayat sudah berpengalaman di pemerintahan. Bahkan sudah terbukti hasil kerjanya secara telah dirasakan oleh masyarakat. Apalagi Mansur Hidayat juga  putra daerah Pemalang, bersih dari praktik KKN.

Bakal calon bupati Mansur Hidayat saat dimintai tanggapan terkait hasil survei itu sangat bersyukur karena surveinya masih tetap tinggi. Menurutnya hasil survei SMRC tersebut menjadi pacuan  untuk maju di Pilkada Pemalang.  Serta menjadikan semangat untuk meningkatkan kinerjanya dalam membangun Kabupaten Pemalang.

"Alhamdulillah jika hasilnya memang bagus, untuk menambah  semangat.  Tapi bukan membuat kita lokro. Kita juga tidak boleh lengah,"tandasnya.

Kategori :