Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Sidak Program Kube

Senin 05-08-2024,15:15 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG ID, SLAWI -  Kepala Dinas Sosial ProvinsiJawa Tengah Imam Maskur bersama tim monev melalukan kunjungan lokasi Kube Sumilir yang bergerak di usaha snack serta katering,  dan Gubug Jamur Desa Sumingkir, Kecamatan Kedungbanteng.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan didampingi Kabid Linjamsos dan Kebencanaan, Muhammad Agus Fauzan menyatakan, pihaknya sempat melakukan pendampingan pelaksanaan pembelanjaan Kube Tahun 2024 yang dilakukan  Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah di wilayah Kecamatan Pangkah, Kecamatan  Kedungbanteng dan Kecamatan Jatinegara. 

BACA JUGA:Bekali Pekerja Migran Purna Melalui Pelatihan Pengelolaan Ikan

Monev yang sempat dilakukan bersama dilaksanakan untuk 12 Kube di Kabupaten Tegal, 2 Kube di wilayah Kecamatan Kedungbanteng, Desa Sumilir, 5 Kube di wilayah Pangkah, Desa Bogares Lor, Kendalserut, Depok, Pangkah, Penusupan.

"Serta 5 Kube di wilayah Jatinegara, Desa Dukuh Bangsa, Lebakwangi, Mokaha, Penyalahan, Wotgalih," ujarnya, Senin (5/8/2024).

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka dan Al Islam Kemuhammadiyahan

Menurutnya, dalam pemantauan di lapangan, masih ada Kube yang belum selesai menyelesaikan pembelanjaanya dikarenakan masih mencari spesifikasi barang yang sesuai dan memulai usaha karena masih terkendala waktu untuk proses produksi untuk olahan jajanan. 

Namun, ada juga Kube yang sudah berjalan dengan baik, seperti di Desa Depok, Kecamatan Pangkah usaha ternak lele. Mereka sudah mulai melakukan pembesaran benih ikan lele di kolam pembesaran, beberapa bulan lagi sudah bisa dipanen.

BACA JUGA:Latihan Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Dilakukan di Cibubur

Tang diperhatikan oleh monev kali ini dari realisasi pembelanjaan dana bantuan Kube, kegiatan usaha, dan produk yang dihasilkan. Harapanya, bantuan ekonomi produktif ini bisa membantu masyarakat miskin di Kabupaten Tegal bisa mendapat tambahan penghasilan dan mandiri. Dari hasil monev yang dilakukan, terlihat antusias dan semangatnya anggota Kube dalam keinginan berusaha secara kelompok yang sangat tinggi.

*Komunikasi anggota Kube dengan pendamping juga berjalan dengan baik," ungkapnya. (adv)

Kategori :