Duta Pemuda Pelopor dari Kabupaten Tegal Lolos Fact Findding

Senin 05-08-2024,14:45 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Mendasari berita acara hasil seleksi administrasi pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional. Pemuda asal Kabupaten Tegal  atas nama Amlaul Mizan Marifor dinyatakan layak di fact findding oleh Kemenpora RI  untuk bidang kepeloporan pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata.

Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni melalui Kepala Bidang Kepemudaan Bintang Suryowicaksono menyatakan bahwa fact finding dilaksanakan pada 1 Agustus 2024 di lokasi pemuda Mizan melaksanakan kepeloporan di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa.  

BACA JUGA:Bekali Pekerja Migran Purna Melalui Pelatihan Pengelolaan Ikan

Tim fact finding dari Kemenpora diterima di Balai Desa Guci, Kecamatan Bumijawa oleh camat Bumijawa dan sekdes Guci.  Adapun titik-titik lokasi fact finding yang dikunjungi adalah  basecamp Permadi, lokasi kebun kopi dan alpukat.

"Serta Curug Serwiti yang dikelola oleh pemuda-pemuda Desa Guci di bawah koordinator pemuda Amlaul Mizan Mafiror," ujarnya Senin (5/8/2024).

BACA JUGA:SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Kabupaten Tegal Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka dan Al Islam Kemuhammadiyahan

Bintang menyatakan bahwa tujuan dilaksanakan fact finding ini adalah untuk memverifikasi dan memvalidasi kondisi nyata di lapangan atas kepeloporan Mizan di bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata. 

"Sekaligus memberikan petunjuk dan arahan guna penyempurnaan kepeloporan Mizan di bidang tersebut," cetusnya.

Pemerintah Kabupaten Tegal mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan arahan Tim fact finding Kemenpora RI dan berhadap Pemuda Mizan dari Desa Guci, Kecamatan Bumijawa dapat melangkah lebih lanjut ke tahap berikutnya dalam Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat nasional 2024.  

BACA JUGA:Latihan Calon Paskibraka dari 38 Provinsi Mulai Dilakukan di Cibubur

Selanjutnya, berdasarkan jadwal pelaksanaan Kemenpora, kegiatan berikutnya adalah rapat pleno hasil fact finding oleh panitia nasional yang akan dilakukan mulai tanggal 5 sampai dengan 30 Agustus 2024. Untuk penetapan calon pemuda pelopor terpilih untuk mengikuti penilaian tingkat nasional oleh panitia nasional akan digelar 2 September 2024.

Tanggal 9 hingga 12 September 2024 akan dilakukan pemanggilan calon pemuda pelopor tingkat nasional terpilih, sekaligus seleksi akhir calon pemuda pelopor tingkat nasional oleh dewan juri nasional atau panitia nasional (Kemenpora). 

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Naik 0,60 %, Fraksi PKB DPRD Kabupaten Tegal Pertanyakan Rinciannya

Penetapan pemuda pelopor tingkat nasional oleh Deputi Bidang Penggembangan Pemuda  akan dilakukan 17 September 2024. p

Pengumuman pemenang pemuda pelopor tingkat nasional tahun2024 akan dilakukan tanggal 1 Oktober 2024. (adv)

Kategori :