5 Tips Memilih Hp Baru Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Senin 05-08-2024,12:30 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

Selain itu, Smartphone kelas menengah pada umumnya menggunakan jenis material plastik pada bodinya. Jadi pastikan juga jenis material yang digunakan pada HP tersebut cukup kuat.

BACA JUGA:6 Tips Mengatasi Kamera Hp yang Buram

3. Lihat Chipset yang Dipakai

Salah satu hal yang perlu diketahui oleh konsumen sebelum membeli adalah chipset atau prosesor yang digunakan.

Mayoritas pilihan prosesor HP biasanya adalah Snapdragon dari Qualcomm atau MediaTek, walaupun sebenarnya masih terdapat jenis prosesor lainnya seperti Exynos, Unisoc, Kirin, dan sebagainya.

Contoh untuk HP dengan prosesor Snapdragon, kami menyarankan untuk membeli HP dengan Snapdragon seri 7, misalnya Snapdragon 720 atau Snapdragon 712. Jika budget tidak memungkinkan, Anda bisa memilih di seri 6 seperti Snapdragon 685 atau Snapdragon 695. atau Snapdragon 680.

Jika pilihan Anda jatuh ada prosesor MediaTek, kami merekomendasikan HP yang menggunakan MediaTek Helio G85, MediaTek Helio G90T, MediaTek Helio G95 , atau MediaTek Helio G99.

4. Cek Kualitas Kamera

Jika kita memiliki budget Rp 2 - 3 jutaan, kualitas kamera Smartphone yang bisa didapat di kelas tersebut sudah cukup mumpuni untuk dipakai memotret secara konvensional, dan punya fitur yang cukup lengkap. Apalagi saat kini sudah ada HP murah dengan kamera 108 MP.

Bagi yang suka merekam video, kami menyarankan untuk memilih HP yang kameranya sudah dilengkapi fitur OIS, dan mampu merekam video berkualitas 4K. HP murah dengan spesifikasi kamera seperti ini juga sudah banyak di pasaran.

BACA JUGA:Cara Efektif Menghapus Iklan Pinjol di Hp

5. Pilih RAM yang Memadai

RAM pada HP murah berkualitas harus disesuaikan dengan chipset yang disediakan. HP di kelas menengah biasanya memiliki RAM 3 GB atau 4 GB, namun kini tersedia HP mid-range dengan RAM 6 GB, bahkan 8 GB.

HP dengan RAM 3 GB dijual dengan harga mulai dari 1 jutaan, namun jika Anda memiliki budget lebih, maka kami sarankan untuk membeli hp RAM 4 GB, atau hp RAM 6 GB.

Secara umum, semakin tinggi RAM yang digunakan pada Smartphone, maka makin mahal juga harga Smartphone tersebut. Namun kini banyak produsen Smartphone yang menjual HP murah dengan spek tinggi.

Demikian ulasan 5 tips memilih HP baru berkualitas dengan harga terjangkau. Dengan panduan ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan mendapatkan ponsel yang berkualitas. Semoga bermanfaat.

Kategori :