Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal Sentil Layanan Publik Pemkab

Senin 05-08-2024,08:20 WIB
Reporter : Yeri Noveli
Editor : Rochman Gunawan

DISWAYJATENG.ID, SLAWI - Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Tegal menyentil soal kualitas layanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Fraksi ini juga menyinggung kinerja aparatur, penataan infrastruktur dan transparansi soal pengelolaan keuangan.

"Kami minta agar layanan publik dan kinerja ditingkatkan. Sehingga masyarakat bisa mendapat pelayanan yang memuaskan," kata Anggota Fraksi PDI Perjuangan Rosmalia Yuniar dalam Rapat Paripurna dengan agenda pembacaan pandangan umum fraksi terhadap pengantar nota keuangan rancangan perubahan APBD Kabupaten Tegal Tahun 2024.

BACA JUGA:Satpol PP Kabupaten Tegal Ingatkan Warga untuk Pasang Bendera Merah Putih

Dalam pandangan umum itu, Fraksi PDI Perjuangan juga mendorong Pemerintah Kabupaten Tegal dapat memanfaatkan secara optimal semua pendapatan dan penerimaan untuk program prioritas yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga masalah yang dihadapi masyarakat dapat terpecahkan oleh kebijakan pemerintah daerah.

Tentunya dengan pengelolaan APBD juga diperlukan perencanaan yang matang, terarah, proporsional, objektif dan transparan.

"Prinsipnya, jangan meninggalkan asas keadilan demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera seperti yang tercantum dalam UUD 1945 pada sila kelima pancasila," ujar Rosmalia.

BACA JUGA:Dinas Sosial Kabupaten Tegal Serahkan Gerobak Usaha Disabilitas Intelektual

Dia menyatakan, dalam perubahan ini, prinsip dasar arus pendapatan adalah bagaimana pemerintah daerah mampu menggali sumber-sumber pendapatan secara luas.

Pemerintah harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan anggaran termasuk pemangku kepentingan dan masyarakat.

Penyampaian Rancangan Perubahan APBD tahun 2024 ini adalah bentuk akuntabilitas pengelola keuangan atau penyelenggara pemerintah atas penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah.

"Termasuk juga sebagai upaya menerapkan prinsip transparansi," sambungnya.

BACA JUGA:Waspadai Kawasan Rawan Bencana Kekeringan dan Kebakaran Hutan di Kabupaten Tegal

Sementara, atas pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan ini, bupati Tegal memberikan jawaban yang dibacakan oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joko Kurnianto.

"Kami sepakat bahwa Pemerintah Kabupaten Tegal selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan publik serta kinerja aparatur, penataan infrastruktur dan transparansi pengelolaan keuangan daerah," kata Joko Kurnianto dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Tegal Moh Faiq.

Kategori :

Terkini

Minggu 15-09-2024,22:00 WIB

6 Hp dengan Stylus Pen Terbaik

Minggu 15-09-2024,21:30 WIB

6 Hp dengan Kamera Telephoto Terbaik

Minggu 15-09-2024,20:30 WIB

5 Alasan Membeli Oppo A3X

Minggu 15-09-2024,20:00 WIB

6 Hp Fast Charging 120 Watt Terbaik