Waspada! Kenali Risiko dan Cara Kerja Gestun Kredivo, Bisa Berpotensi Penipuan

Minggu 04-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

BACA JUGA:Cara Mengatasi dan Penyebab Akun Kredivo Tidak Bisa Transaksi karena Alasan Keamanan

2. Dibekukan limit atau akun

Kredivo memiliki sistem untuk mendeteksi transaksi fiktif seperti gestun. Jika pengguna sering menggunakan transaksi tersebut, pola tersebut mudah dikenali oleh Kredivo dan dapat mengakibatkan pembekuan limit pengguna. 

Artinya, walaupun kamu memiliki banyak limit, kamu tidak dapat menggunakan limit tersebut untuk transaksi apapun.

Akun Kredivo kamu juga dapat dibekukan, sehingga kamu tidak lagi dapat mengakses aplikasi Kredivo dalam jangka waktu yang ditentukan atau bahkan dapat diblokir secara permanen.

3. Terkena blacklist BI checking

Gestun yang masuk dalam kategori ilegal berpotensi mengakibatkan kamu terdaftar dalam blacklist BI checking atau blacklist SLIK OJK. BI checking atau SLIK adalah catatan informasi terkait riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. 

Jika akun Kredivo kamu terdeteksi melakukan gestun, akun atau limit kamu sudah terblokir, kamu dapat terkena blacklist tersebut. Ini dapat menyulitkan kamu untuk mengajukan layanan kredit tinggi di masa depan, seperti kredit kendaraan bermotor atau kredit permohonan rumah (KPR).

4. Lebih Baik Hindari Praktik Ini

Dalam jangka pendek, praktik gestun Kredivo mungkin terlihat menarik dan menguntungkan. Tetapi, berbagai risiko dan kerugian dalam jangka panjang membuatnya tidak layak untuk dicoba. Lebih baik menggunakan fitur pinjaman tunai yang disediakan oleh Kredivo.

Kredivo tidak hanya terkenal dengan fitur paylater dan kredit online yang memiliki bunga rendah, tetapi juga menyediakan layanan pinjaman tunai.

Dalam layanan pinjaman tunai ini, kamu dapat mencairkan sebagian limit Kredivo langsung melalui aplikasi. Kredivo menawarkan bunga yang ringan, mulai dari 1,99% per bulan, dengan tenor yang cukup panjang, yaitu 3 dan 6 bulan.

BACA JUGA:Pengajuan Pinjaman Kredivo Ditolak karena Skor Kredit Rendah? Begini Solusinya

Selain itu juga dengan menggunakan layanan resmi seperti di Kredivo, kamu dapat meminimalkan risiko penipuan, pembekuan limit atau akun, serta terhindar dari blacklist BI checking atau blacklist SLIK OJK.

Demikian ulasan mengenai resiko dan cara kerja gestun bisa berpotensi penipuan. Oleh karena itu, untuk lebih waspada daripada mengambil risiko dengan praktik ilegal gestun Kredivo, lebih baik menggunakan layanan yang legal dan aman yang disediakan oleh Kredivo. Semoga bermanfaat.

Kategori :