7 Tips Menghindari Penipuan Belanja Online, Terapkan Sebelum Checkout!

Jumat 02-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG.ID - Tips menghindari penipuan belanja online. Kini membeli kebutuhan konsumtif tidak hanya dapat berkunjung ke toko langsung, dengan adanya kemajuan zaman banyak platform yang menawarkan berbelanja melalui smartphone alias online.

Tentunya hal tersebut sangat memudahkan bagi semua orang, namun ternyata banyak oknum yang menyalahgunakannya dengan melakukan tindak kejahatan. Lalu bagaimana tips menghindari penipuan belanja online?

Sebelum anda melakukan chekout suatu barang alangkah baiknya anda menerapkan beberapa langkah yang ada dibawah ini, hal ini untuk menghindari penipuan belanja online di kedepannya.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai tips menghindari penipuan belanja online, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

Tips Menghindari Penipuan Belanja Online :

1. Pilih Platform yang Terpercaya

Reputasi: Pilih platform yang telah memiliki reputasi baik dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Verifikasi: Pastikan platform tersebut memiliki verifikasi resmi dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai.

Ulasan Pengguna: Baca ulasan dan testimoni dari pengguna lain untuk mengetahui pengalaman mereka berbelanja di platform tersebut.

2. Periksa Detail Penjual

Identitas: Pastikan identitas penjual jelas dan dapat dihubungi. Hindari penjual yang identitasnya samar atau tidak memberikan informasi yang cukup.

Rating dan Ulasan: Perhatikan rating dan ulasan produk yang ditawarkan oleh penjual. Semakin tinggi rating dan positif ulasannya, semakin besar kemungkinan penjual tersebut terpercaya.

Lama Berjualan: Penjual yang telah lama berjualan cenderung memiliki reputasi yang lebih baik dibandingkan penjual baru.

3. Verifikasi Produk

Kategori :