7 Cara Cerdas Menghemat Baterai iPhone

Kamis 01-08-2024,21:00 WIB
Reporter : Alisa Septiana Zulfa
Editor : Rochman Gunawan

3. Aktifkan Low Power Mode

Fitur yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai iPhone adalah Low Power Mode. Mode ini bisa diaktifkan jika iPhone kamu dalam kondisi hemat baterai dan belum bisa diisi dayanya.

Dengan mengaktifkan Low Power Mode ini, fitur-fitur yang boros terhadap baterai akan dibatasi dan penyegaran aplikasi background tak akan bekerja. 

Namun, yang perlu diperhatikan adalah biasanya saat mode hemat ini diaktifkan, maka kinerja dari iPhone bisa saja lebih lambat. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu ke pengaturan dan pilih “Baterai”, lalu tinggal aktifkan saja fitur Low Power Mode.

4. Batasi Notifikasi

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat baterai iPhone secara optimal yaitu dengan membatasi notifikasi masuknya. Dengan membatasi notifikasi, sistem kerja iPhone akan menjadi lebih ringan karena tugas-tugas yang diberikan juga semakin sedikit.

Namun, cara ini akan sedikit mempersulit jika kamu sedang dalam kondisi bekerja atau kesibukan lainnya.  Untuk bisa mengatur pembatasan notifikasi masuk, kamu bisa mengunjungi menu pengaturan dan klik menu “Notifikasi”.

Setelah itu, kamu bisa menonaktifkan notifikasi dari beberapa aplikasi yang ingin dimatikan. Perlu diperhatikan, jangan mematikan aplikasi penting di mana notifikasinya diperlukan untuk bekerja, seperti WhatsApp, dan lainnya.

5. Matikan Mode Lokasi

Selanjutnya, adalah dengan menonaktifkan mode lokasi ketika tidak diperlukan. Sebab, layanan lokasi ini bisa mengkonsumsi daya baterai dalam jumlah yang banyak.

Maka dari itu, agar sistem kinerja iPhone semakin ringan, maka boleh untuk mematikan mode lokasi ini.  Cara untuk mematikan mode lokasi antara lain, kamu harus menuju menu pengaturan, pilih “Privasi dan Keamanan” kemudian “Layanan Lokasi”.

Untuk mematikan mode lokasi secara keseluruhan, kamu bisa menekan pilihan “Tidak Pernah”. Namun, jika kamu memerlukan mode lokasi untuk aplikasi Maps, maka pilih saja hanya bisa diakses pada aplikasi Maps.

6. NonAktifkan Aplikasi Background

Cara berikutnya ialah dengan menonaktifkan aplikasi background sedang berjalan. App Refresh ini merupakan fitur yang berfungsi untuk memperbarui aplikasi di belakang layar, sehingga iPhone kamu akan terus bekerja memuat ulang aplikasi walaupun kamu tidak membuka aplikasi tersebut. 

Kamu harus ke menu pengaturan, lalu klik pilihan “Umum”, dan tekan pilihan “Background App Refresh”. Kemudian pilih aplikasi mana yang ingin dinonaktifkan maupun tetap diaktifkan sesuai kebutuhan. 

Aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan memuat ulang di belakang layar sehingga sistem kerjanya semakin ringan dan baterai semakin hemat.

Kategori :