7 Cara Ini Dijamin Efektif Menghadapi Debt Colector

Rabu 31-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Cara hadapi debt collector (DC) dengan benar ini perlu kalian ketahui, khususnya untuk nasabah yang memiliki angsuran pinjaman, karena galbay menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi dalam dunia peminjaman. 

Debt Collector merupakan pihak ketiga yang ditunjuk lembaga keuangan atau kreditur untuk menagih utang debitur yang menunggak dengan kriteria tertentu. DC tidak menagih semua jenis utang, biasanya hanya menagih yang sudah terlalu lama jatuh tempo. Karena itu, perlu ketahui cara hadapi DC / debt collector dengan benar. 

Terdapat beberapa alasan nasabah mengalami galbay, misalnya kebutuhan yang semakin meningkat, membuat kesulitan untuk membayar utang sehingga menimbulkan galbay. Untuk itu, cara hadapi DC / debt collector dengan benar perlu kalian ketahui yang menjadi solusi tepatnya. 

Lalu, bagaimana cara hadapi debt collector (DC) dengan benar? Berikut ada beberapa solusi efektif yang bisa kalian lakukan untuk menghindari dari berbagai risiko yang merugikan. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Menghadapi DC Pinjol? Terapkan 5 Langkah Efektif Ini Dijamin Ampuh

Cara Hadapi Debt Collector (DC) dengan Benar 

1. Lakukan Pembayaran yang Menunggak kepada DC

Apabila debitur kebingungan akan pelunasan utang yang harus dibayarkan, namun kondisi keuangan sedang tidak membaik. Maka solusinya bayarlah tunggakan debitur dengan membayar angsuran. Ikuti pembayaran angsuran sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, namun jika tidak mampu membayar secara angsuran upayakan untuk mengikuti arahan dan diselesaikan dengan baik antara kedua belah pihak tanpa adanya kekerasan.

2. Tanyakan Identitas, Surat Tugas, dan Sertifikasi DC

Cara hadapi DC dengan benar berikutnya yang harus dilakukan jika mendatangi rumah yaitu debitur harus menanyakan identitas, surat tugas, dan sertifikasi resmi DC tersebut. Sebab, itu merupakan solusi utama dalam menghindari DC ilegal.

Debt collector yang benar pastinya memiliki surat tugas resmi dari perusahaan atau dari Lembaga Keuangan terkait, selain itu DC juga wajib memiliki Sertifikasi Profesi Penagihan Pembiayaan (SP3). Untuk itu, tanyakan semuanya dan baca dengan teliti isi berkasnya, namun jika DC tersebut tidak memiliki berkas apapun maka jangan pedulikan dan abaikan saja.

3. Terima Kedatangan DC Dengan Baik

Hal utama cara hadapi DC dengan benar selanjutnya yaitu dengan menerima kedatangan mereka dengan baik, tidak menghindar atau bahkan lari dari tanggung jawab. Biar bagaimanapun, debitur harus membayar utangnya dan tugas DC hanyalah menagih utang dengan baik agar utang tersebut lunas.

BACA JUGA:Tak Perlu Panik, Ini 7 Cara Menghadapi DC Pinjol Ilegal yang Meresahkan

4. Laporkan Tindakan DC ke Pihak Berwajib jika Mendapat Ancaman dan Intimidasi

Kategori :