7 Cara Ini Dijamin Efektif Menghadapi Debt Colector

Rabu 31-07-2024,11:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

Apabila debitur telah menjelaskan segala alasannya dengan baik saat menghadapi penagih utang di rumah, namun tetap diberikan intimidasi, ancaman, atau bahkan kekerasan maka jangan segan untuk segera melaporkan tindakan tersebut ke pihak berwajib. 

5. Ikuti Permintaan dan Arahan DC dengan Baik

Kondisi keuangan memang kadang sulit bagi sebagian orang, untuk itu sebaiknya memiliki manajemen keuangan yang baik dan stabil. Namun jika debitur didatangi DC saat tidak memiliki uang sepeserpun, usahakan untuk menerima kedatangannya, ikuti permintaan dan arahannya, serta bicarakan dengan baik agar DC bisa memberikan solusi atau bahkan keringanan jadwal pembayaran utang. Sebab, dengan begitu sang debitur memiliki itikad baik kepada pihak bank atau pinjol tersebut.

6. Jelaskan dengan Baik Kondisi Keuangan Kalian, Termasuk Kendala yang Dihadapi

Berusahalah untuk menjelaskan dengan jujur, tenang, dan sopan mengenai kondisi keuangan yang sedang dihadapi agar penagih utang bisa memberikan solusi dan memahami keterlambatan pembayaran. Selain itu, baiknya debitur bersikap kooperatif dengan tetap membayar utang sesuai yang telah disepakati.

BACA JUGA:Jangan Takut! Begini 6 Tips Menghadapi DC Pinjol Jika Galbay

7. Cara Melaporkan DC ke Pihak Berwajib

Perilaku yang tidak etis dari DC yang bersikap mengganggu atau galak bisa menyebabkan banyak masalah. Tindakan intimidasi yang dilakukan oleh mereka bisa membuat individu merasa tidak nyaman dan cemas. Terus menerus dihubungi dan ditekan oleh DC juga bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik.

Selain itu, perilaku tersebut bisa merusak reputasi dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan dan industri jasa keuangan. Karena itu, diperlukan tindakan yang efektif untuk mencegah dan menindak perilaku tidak pantas dari DC, serta memberikan perlindungan dan dukungan kepada individu yang menjadi sasaran mereka. Kalian bisa lakukan hal ini jika sedang berada di posisi tersebut: 

  • Hubungi nomor polisi terdekat dan ceritakan keluhan kalian
  • Laporan akan diproses untuk melakukan penyidikan
  • Siapkan pulsa
  • Hubungi 110 dan carilah nomor telepon dari kantor polisi terdekat. 

Itulah beberapa informasi seputar 7 cara hadapi DC dengan benar yang dapat kalian terapkan untuk menghindari dari berbagai tindakan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :