4 Tips Ampuh Menghindari Pinjol Ilegal

Selasa 30-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Rochman Gunawan

4. Bandingkan Bunga dan Biaya

Tips menghindari pinjol ilegal yang satu ini yaitu teliti dan bandingkan bunga serta biaya administrasi dari berbagai platform. Hindari yang menawarkan bunga dan biaya yang tidak masuk akal.

Pentingnya Kesadaran akan Risiko Penipuan di Era Teknologi

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, proses pengajuan pinjaman kini menjadi lebih cepat dan mudah. Aplikasi pinjol menawarkan kemudahan tanpa harus melibatkan prosedur yang rumit. Namun, seiring dengan keuntungan ini, kita juga harus mengakui risiko penipuan yang mungkin muncul.

Para pelaku tidak bertanggung jawab sering menggunakan modus baru untuk memanfaatkan kebutuhan finansial seseorang, dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman online untuk menjalankan aksinya. Karena itu, penting untuk selalu meningkatkan kesadaran akan potensi penipuan ini.

BACA JUGA:Begini 5 Cara Menghindari Pinjol Ilegal dengan Tepat, Lakukan Cara ini Agar Terhindar Bunga yang Tinggi

Ciri-ciri Pinjaman Online Ilegal

1. Tidak Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pinjaman online ilegal biasanya tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang bertanggung jawab mengawasi sektor keuangan di Indonesia.

2. Tidak Memiliki Informasi Perusahaan yang Jelas

Pinjaman online ilegal seringkali tidak menyediakan informasi perusahaan yang jelas, termasuk alamat fisik dan nomor kontak yang tidak bisa dihubungi.

3. Bunga yang Tidak Masuk Akal

Pinjaman online ilegal cenderung menawarkan bunga yang sangat tinggi, melebihi batas yang ditetapkan oleh otoritas keuangan.

4. Permintaan Biaya di Muka

Penyedia pinjaman online yang meminta biaya dimuka sebelum proses pengajuan selesai patut dipertanyakan. 

BACA JUGA:Tetap Waspada, Ini 8 Cara Menghindari Pinjol Ilegal yang Berkedok DC Lapangan

Kategori :