Amankan Data Pribadi Anda, Begini Langkah untuk Mengetahui KTP Disalahgunakan untuk Kredit atau Tidak

Senin 29-07-2024,07:39 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Zuhlifar Arrisandy

DISWAY JATENG - Terdapat beberapa cara mengetahui KTP disalahgunakan penting kalian pahami, untuk mengecek identitas pribadi kalian apakah sedang dalam bahaya atau tidak, maka perlu diwaspadai. 

Pasalnya terdapat banyak bahaya yang akan kalian terima ketika data pribadi sedang tidak aman, dan digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya penyebaran dan penyalahgunaan data pribadi, untuk meneror ataupun tindakan penipuan perlu kalian ketahui.

Karena itu, untuk mencegahnya kalian perlu tahu cara mengetahui KTP disalahgunakan atau tidak.  Sebab KTP (Kartu Tanda Penduduk) menjadi salah satu dokumen yang sangat penting dan harus dilindungi karena rawan dipergunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Namun, cara mengetahui KTP disalahgunakan menjadi solusinya.  Lalu, bagaimana cara mengetahui KTP disalahgunakan? Berikut ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan agar terhindar dari berbagai masalah dan kerugian nantinya.  

BACA JUGA: Ketahui Cara Cek KTP Disalahgunakan Pinjol atau Tidak Secara Online dan Offline

Cara mengetahui KTP disalahgunakan 

1. Dilakukan untuk Registrasi Kartu SIM

Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika bersama dengan para operator telekomunikasi telah bersepakat untuk menyediakan layanan fitur cek nomor dalam sistem registrasi kartu prabayar.

Dilansir dari website resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu https://kominfo.go.id/ berikut cara KTP disalahgunakan untuk registrasi kartu SIM seluler.

  • Telkomsel fitur cek nomor melalui website https://telkomsel.com/cek-prepaid atau telepon ke nomor 188.
  • Indosat melalui SMS dengan format INFO#NIK kirim ke 4444 atau INFO#MSISDN kirim ke 4444 atau bisa mengunjungi laman https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index lalu masukin NIK dan nomor KK.
  • Xl Axiata melalui USSD dengan format: *123*4444#.
  • Smartfren melalui https://my.smartfren.com/check_nik.php atau kirim SMS dengan format : CEK lalu kirim ke 4444.
  • Tri, kirim sms dengan format: STATUS, kirim ke 4444.
  • BACA JUGA: Cara Mudah Mengetahui KTP Disalahgunakan agar Data Tetap Aman dan Terjaga

    2. Dilakukan untuk Registrasi Pinjaman Online

    Salah satu cara mengetahui KTP disalahgunakan orang lain untuk registrasi pada aplikasi pinjaman online yaitu dengan mengunjungi website SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berikut langkah-langkahnya:

    1. Buka laman permohonan SILK https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
    2. Isi formulir dan nomor antrean.
    3. Upload foto scan dokumen yang dibutuhkan, yakni KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA. Untuk badan usaha wajib melapirkan identitas pengurus, NPWP, dan akta pendirian perusahaan.
    4. Jika seluruhnya sudah selesaikan, klik tombol "Kirim" setelah sebelumnya mengisi kolom captcha.
    5. Tunggu email konfirmasi dari OJK berisi bukti registrasi antrean SLIK online. OJK akan melakukan verifikasi data, dan pemohon akan menerima pemberitahuan dari OJK berupa hasil verifikasi antrean SILK online paling lambat H-2 dari tanggal antrean.
    6. Apabila data yang disampaikan valid, maka nasabah bisa mencetak atau print formulir pada email dan memberikan tanda tangan sebanyak 3 kali.
    7. Foto atau scan formulir yang telah ditandatangani harus dikirim ke nomor WhatsApp yang tertera pada email beserta foto selfie dengan menunjukan KTP.
    8. OJK akan melakukan verifikasi lanjutan via WhatsApp dan melakukan videocall apabila diperlukan.
    9. Jika lolos verifikasi, OJK akan mengirimkan hasil iDeb SILK melalui email.

    BACA JUGA: Penting Ketahui, Begini Cara Mencegah KTP Disalahgunakan Pinjol dengan Efektif

    Seperti yang sudah kita ketahui registrasi kartu SIM seluler dengan menggunakan NIK dan KK bertujuan untuk bisa mencegah penipuan, penyebaran berita hoax, ataupun ujaran kebencian yang disebarkan melalui telepon seluler.

    Deteksi dari awal

    Kategori :