Bagaimana Tips Memilih Pinjol Terpercaya? Lakukan 6 Solusi Ini Agar Terhindar dari Penipuan

Minggu 28-07-2024,19:41 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

Tips memilih pinjol yang terpercaya berikutnya yaitu sudah legal dan terdaftar di OJK. Jadi sebelum mengajukan pinjaman melalui fintech atau pinjol pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK sebagai lembaga pengawas resmi kegiatan finansial di seluruh Indonesia. Bagaimana cara untuk memeriksanya? Buka saja website resmi dari OJK ataupun hubungi telepon pada nomor 157 dan Whatsapp (WA) di 081-157-157-157. 

4. Membaca Semua Persyaratannya 

Setiap kali akan mengajukan pinjaman kepada pinjaman online, biasakan untuk selalu membaca dengan teliti semua persyaratan dan ketentuan yang diberikan. Bisa saja nantinya terjadi masalah bukan karena tindakan perusahaan pinjol yang menyalahi aturan namun justru disebabkan oleh ketidakpahaman nasabah pada persyaratan peminjaman. 

Bacalah semua syarat peminjaman uang tersebut dengan perlahan, hati-hati dan teliti supaya semua poin bisa dipahami. Jika terdapat syarat yang tidak dimengerti sebaiknya tanyakan langsung kepada layanan Customer Service (CS) yang disediakan fintech tersebut.

BACA JUGA:6 Cara Memilih Pinjol Bunga Rendah, Berikut Manfaatnya yang Harus Dipahami

5. Memiliki Layanan Konsumen 

Tips memilih pinjol yang terpercaya selanjutnya yaitu memiliki layanan konsumen. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa semua informasi yang dibutuhkan nasabah bisa ditanyakan melalui CS atau layanan konsumen. Pinjol resmi dan diakui oleh OJK pasti sudah mempunyai dan menyediakan layanan konsumen yang mudah diakses oleh masyarakat. Layanan konsumen tersebut umumnya berupa alamat email, layanan Customer Service melalui nomor tertentu dan juga alamat kantor yang jelas. 

6. Menyediakan yang Mudah untuk Pinjaman 

Kemudahan yang dimaksud antara lain persyaratan yang diberikan kepada calon nasabah, berbagai pilihan jangka waktu peminjaman yang bisa disesuaikan dengan kemampuan nasabah hingga pada proses pencairan yang cepat dan suku bunga rendah.

Itulah beberapa informasi seputar tips memilih pinjol yang terpercaya dan aman untuk digunakan yang bisa kalian lakukan dan terapkan. Semoga bermanfaat. (*) 

Kategori :