Touchscreen Tidak Berfungsi? Begini Cara Mengatasinya

Selasa 30-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Eki Nur Solikha
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG -  Pernahkah kamu mengalami layar HP yang tiba-tiba tidak bisa disentuh? Masalah ini tentu akan sangat menjengkelkan dan bisa menganggu aktivitas kamu. Namun, kamu tidak perlu khawatir ada tips yang bisa kamu coba serta cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh.

Touchscreen atau layar sentuh merupakan bagian penting dari ponsel. Jika komponen ini tidak berfungsi, maka pengguna tidak dapat mengakses ponselnya. Karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh.

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh perlu diketahui para penggunanya agar tidak buru-buru membawa HP ke tempat servis. Mungkin penyebab touchscreen tidak berfungsi hanya masalah ringan dan kamu bisa mengatasinya sendiri di rumah.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Hp Ngeblank, Pulih Dalam Hitungan Menit

Bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh? Untuk mengatasi touchscreen yang error ketahui lebih dahulu penyebabnya, agar masalah ini tidak terulang kembali. Nah, berikut ini penyebab dan cara mengatasi layar sentuh HP yang tidak berfungsi.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan layar HP tidak berfungsi dengan baik antara lain:

1. Kerusakan fisik dapat menjadi penyebab layar sentuh tidak berfungsi. Contohnya seperti layar yang retak, terbentur, atau terkena tekanan yang berlebihan.

2. Masalah pada software seperti, bug pada sistem operasi, ada aplikasi yang bermasalah, atau file sistem yang corrupt.

3. Berikutnya adalah kotoran atau debu. Penyebab layar bermasalah mungkin terjadi karena adanya kotoran atau debu yang menempel pada layar, sehingga hal ini mengganggu kinerja touchscreen.

4. Selanjutnya karena faktor kelembapan. Air atau cairan yang masuk ke dalam perangkat dapat merusak komponen internal seperti layar.

5. Ketika kapasitas penyimpanan ponsel sudah penuh, ponsel akan bekerja sangat keras untuk memproses data dalam jumlah besar dengan kapasitas terbatas. Hal ini dapat memperlambat kinerja ponsel dan memengaruhi touchscreen, sehingga tidak berfungsi dengan baik.

6. Ponsel overheating atau terlalu panas karena menjalankan aplikasi berat terlalu lama, bisa menyebabkan layar tidak responsif.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Sendiri Layar Hp Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

1. Restart HP

Untuk cara yang pertama dan paling sederhana mengatasi layar HP tidak bisa disentuh adalah merestart ponsel. Proses ini dapat memperbaiki masalah sementara yang disebabkan oleh gangguan pada sistem operasi.

2. Bersihkan Layar

Gunakan kain microfiber yang lembut dan kering untuk membersihkan layar HP kamu dari kotoran atau debu. Hindari menyemprotkan langsung cairan pembersih atau cairan lain ke layar HP, karena bisa masuk kedalam ponsel.

3. Lepaskan Screen Protector

Jika kamu menggunakan screen protector atau pelindung layar, coba lepaskan untuk sementara waktu. Bila perlu, ganti dengan yang baru. Pasalnya, screen protector yang rusak atau tidak terpasang dengan benar dapat mengganggu fungsi touchscreen.

4. Aktifkan Safe Mode

Safe Mode akan menjalankan HP kamu tanpa aplikasi pihak ketiga. Jika layar berfungsi dengan baik dalam Safe Mode, berarti ada aplikasi yang bermasalah. Cobalah uninstall aplikasi yang baru-baru ini kamu instal.

Untuk mengaktikan safe mode yaitu, matikan HP dengan menekan tombol power. Kemudian, hidupkan kembali HP sampai muncul logo ponsel pada layar. Ketika logo muncul, tekan dan tahan tombol volume untuk mengecilkan.

Periksa apakah layar berfungsi dengan baik saat Safe Mode telah diaktifkan.

5. Kalibrasi Ulang Layar

Beberapa HP memiliki fitur kalibrasi ulang layar. Kamu bisa mencari pengaturan ini di menu pengaturan perangkat. Atau kamu bisa menggunakan cara lain dengan mengunduh aplikasi Touchscreen calibration di Play Store.

6. Bersihkan Memori Ponsel

Memori ponsel yang penuh dapat menyebabkan touchscreen menjadi error dan tidak responsif. Oleh karena itu, selalu bersihkan cache aplikasi dan file yang sudah tidak diperlukan lagi. Hal ini supaya ponsel dapat menjalankan program dengan baik.

7. Tekan Sudut Layar dengan Lembut

Mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dapat dilakukan dengan cara menekan pada setiap sudut layar ponsel dengan lembut. Cara ini bisa kamu gunakan jika penyebabnya karena ponsel terjatuh dan terkena benturan.

Ponsel yang terjatuh akan membuat komponen yang ada didalamnya menjadi longgar. Sehingga kamu perlu menekannya dengan lembut dan perlahan agar komponen yang ada didalamnya bisa rapat kembali.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Fastboot Pada HP Xiaomi dengan Mudah

Itulah penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. (*)

Kategori :