Cara Mengatasi Sendiri Layar Hp Bergaris

Cara Mengatasi Sendiri Layar Hp Bergaris

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Tanpa Harus Ke Jasa Servis-pinterest-

DISWAY JATENG - Layar bergaris dan berbayang sering dialami pengguna ponsel dari berbagai merek. Hal ini tentu akan sangat menganggu pandangan saat menggunakan HP. Untuk itu penting bagi kamu mengetahui cara mengatasi layar HP bergaris sebelum ke jasa servis ponsel.

Kamu dapat mengetahui cara mengatasi layar HP bergaris dan memperbaikinya secara mandiri, sehingga dapat menghemat biaya untuk servis. Garis layar yang muncul pada HP berbeda-beda tergantung permasalahannya.  Ada yang bergaris vertikal dan juga horizontal.

Warna garis yang muncul pada layar bisa berwarna putih, hitam, merah dan hijau. Penyebab layar bergaris bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya masalah bug pada sistem operasi, dan kerusakan fisik karena terjatuh. Lantas, bagaimana cara mengatasi layar HP bergaris?

BACA JUGA:Cara Melacak Hp yang Hilang, dalam Keadaan Mati Maupun Hidup

Sebelum buru-buru membawa HP ke tempat Servis, kamu bisa mengecek keadaan ponsel dan mencoba mengatasi sendiri masalah ini. Untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba cara mengatasi layar HP bergaris di bawah ini.

Restart HP

Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan merestart HP kamu. Proses ini dapat memperbaiki masalah sementara yang disebabkan oleh gangguan pada sistem operasi.

Dengan merestart ponsel, sistem operasi yang bekerja pada ponsel akan kembali segar. Matikan ponsel selama beberapa menit, agar kinerja ponsel dapat diistirahatkan. Kemudian, hidupkan kembali ponsel dengan menekan tombol power.

Menggunakan Aplikasi sFilter – Blue Light Filter

Jika layar Lcd HP kamu tiba-tiba bergaris dan berbayang, kamu dapat mengatasinya dengan aplikasi pihak ketiga yakni sFilter – Blue Light Filter.

1. Download dan instal aplikasi sFilter – Blue Light Filter di Play Store.

2. Buka aplikasi dan izinkan aplikasi untuk bisa mengakses ponsel kamu.

3. Aktifkan fitur “Blue Light Filter”, lalu ubah Color menjadi warna hitam.

4. Atur “Filter opacity” dan “Brightness of Screen” hingga layar menjadi cerah dan garis-garis yang muncul jadi hilang.

BACA JUGA:5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di HP

Mengaktifkan Fitur Safe Mode

Dengan mengaktifkan fitur Safe mode, kamu dapat mengetahui masalah yang terjadi pada HP kamu. Masalah yang terjadi bisa disebabkan oleh aplikasi yang terinstal di HP atau malware yang menyebabkan ponsel sering restart sendiri dan muncul garis-garis pada layar HP.

Cara mengaktifkan Safe Mode pada setiap ponsel berbeda tergantung merek yang dipakai. Untuk mengaktifkan Safe Mode, matikan HP terlebih dahulu. Setelah mati, hidupkan kembali ponsel sampai logo produk muncul.

Pada saat logo muncul, tekan dan tahan tombol volume turun. Maka, fitur Safe Mode akan aktif. Jika garis-garis hilang dalam mode ini, berarti ada aplikasi yang bermasalah. Cobalah menghapus atau memperbarui aplikasi yang dicurigai. Untuk keluar dari mode ini, kamu dapat merestart ponsel.

Lakukan Reset Ponsel

Mereset ponsel ke setelan pabrik juga salah satu cara mengatasi layar HP bergaris. Melakukan reset ulang pada ponsel, akan mengembalikan pengaturan HP ke setelan awal saat kamu membeli ponsel. Jadi, pastikan kamu sudah mencadangkan file atau data yang ada di ponsel ke memori eksternal.

Hal ini bertujuan, agar kamu tidak kehilangan data penting yang ada dalam ponsel, karena cara ini akan membuat seluruh data yang ada di dalamnya terhapus.

BACA JUGA:Cara Mengatasi Fastboot Pada HP Xiaomi dengan Mudah

Jika tips dan triks di atas sudah dilakukan namun belum berhasil, karena penyebabnya adalah kerusakan fisik yang parah dan tidak dapat diatasi lagi. Maka, cara mengatasi layar HP bergaris hanya bisa dilakukan oleh teknisi, dan kamu harus membawanya ke jasa servis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: