Perbandingan Fitur iPhone 15 dan iPhone 16, Mana yang Lebih Unggul?

Minggu 28-07-2024,13:00 WIB
Reporter : M Elfani Tasya
Editor : Rochman Gunawan

DISWAY JATENG - Menjelang perilisan iPhone baru atau setiap menjelang akhir tahun, pertanyaan yang sering muncul adalah "Mendingan beli iPhone 15 sekarang atau nunggu iPhone 16?".

Kali ini, kita akan memberikan informasi mengenai perubahan dan fitur baru yang diharapkan hadir di iPhone 16. Ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang ragu untuk membeli iPhone 15 atau menunggu iPhone 16 yang akan dirilis dua bulan lagi.

Kita akan fokus pada iPhone 16 base model, bukan Pro model, berdasarkan rumor yang beredar dan prediksi yang bisa diandalkan. Jadi, mari kita mulai dengan perubahan dan fitur pertama.

BACA JUGA:Kapan iPhone 16 Pro Sudah Bisa Diinden? Simak Prediksi Harga dan Bocoran Spesifikasinya

Desain Baru

Diperkirakan akan memiliki desain kamera vertikal yang mengingatkan pada desain kamera iPhone XS atau iPhone X. Menurut saya, ini adalah penyegaran yang sangat dibutuhkan untuk desain kamera iPhone.

Setelah beberapa generasi dengan layout kamera diagonal (iPhone 11 hingga iPhone 15), Apple tampaknya memilih untuk kembali ke desain vertikal yang lebih minimalis dan simpel, sesuai dengan gaya desain Apple yang terkenal.

Tidak hanya sekedar perubahan estetika, layout vertikal ini memungkinkan merekam video dalam format vertikal yang lebih alami untuk ditonton atau di-preview menggunakan Apple Vision Pro, memberikan pengalaman 3D yang lebih hidup. Selain itu, desain baru ini juga akan membuatnya lebih mudah dikenali dibandingkan generasi sebelumnya.

Varian Warna Baru

iPhone 16 akan hadir dengan varian warna baru. Selain warna hitam, hijau, biru, dan pink, ada kabar bahwa warna putih akan ditambahkan ke dalam lineup. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa warna ungu masih akan tersedia. Finishing di bagian belakang akan tetap menggunakan glass infused matte finish, mirip dengan iPhone 15, memberikan tampilan yang elegan dan tidak terlalu mencolok.

Jika benar warna putih akan hadir, dengan membayangkan tampilannya akan mirip dengan frosted glass di iPhone 14 Pro atau titanium white di iPhone 15 Pro. Ini akan memberikan sentuhan yang sangat elegan dan menarik.

Action Button

Setelah sebelumnya eksklusif untuk model Pro, action button diharapkan akan hadir di seluruh lineup iPhone terbaru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur tombol khusus untuk fungsi tertentu, seperti menyalakan flashlight, membuka kamera, atau fungsi lainnya. 

BACA JUGA:Bocoran Spesifikasi iPhone 16 Bikin Penggemar Apple Penasaran, Yakin Gak Mau Ikutan Ngantre?

Capture Button

Kategori :