Waspada, Inilah 9 Tanda Hp Disadap oleh Hacker

Rabu 24-07-2024,20:20 WIB
Reporter : Dian Doris Nawang Wulan
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Ada banyak tanda hp disadap, hal ini perlu anda ketahui supaya dapat terhindar dari berbagai kejahatan yang akan datang.

Tanda hp disadap mungkin seringkali terjadi, namun tak banyak orang yang menyadarinya jika smartphone mereka sedang diambil alih oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pasalnya dengan mengetahui tanda hp disadap ini maka anda akan melakukan tips pencegahan, karena jika anda membiarkannya begitu saja maka kerugian di berbagai segi akan menimpa anda.

Simak tanda hp disadap di bawah ini dan cara mengatasinya dengan tepat.

BACA JUGA:5 Tips Melindungi Kontak HP Disadap Pinjol Ilegal, Praktis dan Efektif

 

1. Baterai Cepat Habis

Salah satu tanda hp disadap adalah baterai yang cepat habis, meskipun Anda tidak menggunakannya secara intens. Hal ini terjadi karena aplikasi penyadap yang berjalan di latar belakang ponsel Anda terus-menerus menggunakan daya baterai.

2. Performa Ponsel Menurun

tanda ponsel disadap biasanya juga akan mengalami penurunan performa, seperti menjadi lemot, sering macet, atau aplikasi yang sering force close. Hal ini terjadi karena sumber daya ponsel terbebani oleh aplikasi penyadap.

3. Muncul Suara Aneh Saat Menelepon

Jika Anda mendengar suara aneh seperti suara dengungan, suara statis, atau suara gema saat menelepon, hal itu bisa menjadi indikasi bahwa ponsel Anda disadap. Suara-suara tersebut berasal dari aktivitas penyadapan yang dilakukan oleh orang lain.

4. Penggunaan Data Meningkat

Penggunaan data yang tiba-tiba meningkat secara drastis, meskipun Anda tidak menggunakan internet secara berlebihan, bisa menjadi tanda bahwa ponsel Anda sedang mengalami masalah. Aplikasi penyadap biasanya membutuhkan banyak data untuk mentransfer informasi yang disadap dari ponsel Anda.

5. Pesan dan Panggilan Aneh

Kategori :