6 Cara Melindungi Data Pribadi yang Paling Efektif Agar Tidak Disebar dan Disalahgunakan

Rabu 24-07-2024,18:10 WIB
Reporter : Endang Wulandari
Editor : Laela Nurchayati

DISWAY JATENG - Dunia teknologi terus berkembang pesat, banyak cara untuk melindungi data pribadi yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Dengan menerapkan berbagai cara tersebut tentunya akan menjaga keamanan informasi data kalian. 

Pengguna smartphone yang tidak waspada dan hati-hati tentunya akan menyebabkan berbagai kerugian misalnya penyebaran dan penyalahgunaan data. Untuk menghindari hal itu tentunya harus mengetahui cara melindungi data pribadi agar tidak disalahgunakan. 

Oknum tersebut biasanya akan melakukan pengajuan pinjaman menggunakan data korban, kemudian tidak membayarnya yang menjadikan pihak pinjaman menagih ke korban. Karena itu, sangat penting sekali untuk tahu cara melindungi data pribadi agar data kalian tetap aman dan terjaga. 

Seringnya terjadi kebocoran data kerap dialami oleh masyarakat. Pihak yang tidak bertanggung jawab pada umumnya menyalahgunakan data seseorang untuk mengajukan pinjaman online (Pinjol). 

BACA JUGA:4 Tips Melindungi Data Pribadi Disebar Oleh Pinjol, Nasabah Galbay Wajib tau

Pada artikel kali ini, telah kita rangkum dari berbagai sumber mengenai cara melindungi data pribadi yang dapat kalian terapkan untuk menghindari kebocoran data agar tidak disebarluaskan dan disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

 

1. Hindari Penggunaan Kata Sandi Menggunakan Tanggal Lahir ataupun Nama

Cara melindungi data pribadi yaitu dengan menghindari penggunaan kata sandi menggunakan tanggal lahir ataupun nama. Selain itu, ganti kata sandi secara berkala misalnya setiap tiga bulan sekali. Jika memiliki beberapa platform yang meminta data pribadi, gunakan password yang berbeda-beda di masing-masing platform. Termasuk di dalamnya untuk e-commerce dan media sosial.

2. Memastikan Data Terenkripsi

Setiap situs memiliki sistem keamanan enkripsi untuk memastikan data aman yang biasanya diawali dengan https. Selain itu, keamanan juga bisa dilihat dengan adanya logo gembok di kiri atas sebelah tautan situs. Jika tidak ada, sebaiknya hindari.

BACA JUGA:10 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi di Era Digital, Agar Tidak Disalahgunakan

3. Hati-hati Saat Menggunakan Jaringan Wi-Fi

Jika ada wifi yang mengarahkan untuk mengisi data pribadi, seperti username, password dan lainnya, sebaiknya dihindari. Karena area umum, tentu banyak hal yang bisa terjadi di luar kendali.

4. Gunakan Mode Incognito Saat Melakukan Pencarian

Kategori :